PENGGUNAAAN MEDIA KARTU PECAHAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Kelas III SDN Ganting Kulon Kecamatan Maron)

MAHRUS, MUHAMMAD (2019) PENGGUNAAAN MEDIA KARTU PECAHAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Kelas III SDN Ganting Kulon Kecamatan Maron). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI BUNADI.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI BUNADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BUNADI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text
BAB I BUNADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (119kB)
[img] Text
BAB II BUNADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (175kB)
[img] Text
BAB III BUNADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV BUNADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (277kB)
[img] Text
BAB V BUNADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI BUNADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BUNADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kls III SDN Ganting Kulon Kecamatan Maron melalui media kartu pecahan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Objek penelitian ini adalah materi pecahan sederhana yang menggunakan media kartu pecahan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70 dan persentase aktivitas guru dan siswa yang diperoleh mencapai 70% dengan klasifikasi baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi membandingkan pecahan sederhana siswa kelas III SDN Ganting Kulon. Hasil kterlaksanaan RPP pada siklus I pertemuan I dan II adalah 73,8% dan 76,8%, sedangkan pada siklus II pada pertemuan pertama dan kedua adalah 91,6% dan 94,4%. Hal ini menunjuikkan keterlaksanaan RPP terjadi peningkatan yang lebih baik. Peningkatan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I dan II sebesar 45% yakni dari 50% menjadi 95%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I ke siklus II meningkat yaitu dari 70% menjadi 75%.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Kartu Pecahan, pembelajaran Matematika
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:45
Last Modified: 09 Nov 2020 03:45
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item View Item