PENGGUNAAN MEDIA CETAK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI MENGGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS III SD ISLAM FATAHILLAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FEBRIANTO, DEFI (2019) PENGGUNAAN MEDIA CETAK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI MENGGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS III SD ISLAM FATAHILLAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI DEFI FEBRIANTO.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI DEFI FEBRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (25kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK DEFI FEBRIANTO.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
BAB I DEFI FEBRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (234kB)
[img] Text
BAB II DEFI FEBRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (511kB)
[img] Text
BAB III DEFI FEBRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV DEFI FEBRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (809kB)
[img] Text
BAB V DEFI FEBRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (127kB)
[img] Text
BAB VI DEFI FEBRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DEFI FEBRIANTO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Islam FatahillahKabupaten Probolinggo yang terdiridari 10 siswa dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 6 dan siswi perempuan berjumlah 4. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya dengan menggunakan media pembelajaran (Media Cetak). Data yang diperoleh pada penelitian yaitu minat dan keaktifan belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran (Media Cetak) meningkat yaitu dapat dilihat dari minat dan keaktifan belajar siswa. Pada pratindakan minat dan keaktifan belajar siswa masih belum terlihat dalam pelajaran Seni Budaya Pada pertemuan pertama siklus I. keaktifan belajar siswa mulai meningkat, Berdasarkan hasil tes siklus I pertemuan Kedua pada di atas diketahui bahwa 4 siswa (40%) minat dan keaktifan siswa mulai meningkat. Sedangkan 6 siswa (60%) minat dan keaktifan belum meningkat. Siswa yang minat dan keaktifan belajar sudah mendapatkan criteria ketuntasan minimal yaitu 80%. Sehingga ketuntasan belajar siswa sudah baik untuk siklus I, tetapi perlu peningkatan dari siklus I yaitu lanjut kesiklus II. Berdasarkan minat dan keaktifan siklus II diketahui bahwa 8 siswa (80%) minat dan aktif dalam pembelajaran dengan kategori baik. Sedangkan 2 siswa (20%) kurang dalam meningkatkan minat dan keaktifan belajarnya, karena siswa tersebut merasa bosan dan jenuh dalam pembelajaran matematika. Siswa yang sudah minat dan keaktifan dalam proses belajar dan pembelajaran dapat mendapatkan standart ketuntasan minimal yaitu 80%. Sehingga minat dan keaktifan belajar siswa sudah meningkat dan dapat mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal untuk siklus II berhasil.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Pembelajaran (Media Cetak) pada pembelajaran Seni Budaya dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa kelas III SD Islam Fatahillah Kecamatan Kabupaten,Probolinggo.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, keaktifan Belajar, Media Pembelajaran (Media Cetak), Seni Budaya.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:52
Last Modified: 10 Nov 2020 03:52
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item