PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SKALA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN SKALA (Pada Siswa Kelas V SDN Kademangan 1)

SEPTIANDINI, DIANA VITA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SKALA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN SKALA (Pada Siswa Kelas V SDN Kademangan 1). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI DIANA VITA.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI DIANA VITA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK DIANA VITA.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB I DIANA VITA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (380kB)
[img] Text
BAB II DIANA VITA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (242kB)
[img] Text
BAB III DIANA VITA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV DIANA VITA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (630kB)
[img] Text
BAB V DIANA VITA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (260kB)
[img] Text
BAB VI DIANA VITA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DIANA VITA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (157kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurang berhasilnya proses dalam pembelajaran. secara umum dapat dianalisis penyebabnya yaitu guru, peserta didik dan fasilitas yang mendukung. Telah ditemukan kondisi belajar dimana minat peserta didik yang kurang, pembelajaran terlihat monoton, serta media yang digunakan belum memadai. Selama kegiatan pembelajaran di SDN Kademangan 1 Probolinggo guru mengajarkan materi skala dengan cara peserta didik mendengarkan penjelasan guru, kemudian siswa mengerjakan soal latihan. Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik hanya mengacu pada guru, sehingga terlihat monoton. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang berkembang dalam menyelesaikan soal cerita. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan bantuan media pembelajaran. Media pembelajaran ini bisa disebut media papan skala. Papan skala dikonsep supaya dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Sehingga diambillah judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa menyelesaikan Soal Cerita menggunakan Media Papan Skala (Pada Kelas V SDN Kademangan 1)”. Dengan rumusan masalah bagaimana menyelesaikan soal cerita materi skala dengan menggunakan papan skala, serta Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media papan skala dalam menyelesaikan soal cerita. Dengan tujuan penelitian melihat peningkatan hasil belajar peserta didik, kemampuan peserta didik dan keberhasilan media yang digunakan. Hasil dari belajar matematika keberhasilanya mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang didapat setelah dilaksanakannya proses pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SDN Kademangan 1 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ialah siswa kelas V SDN Kademangan 1 berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu variabel bebas berkaitan dengan media pembelajaran papan skala dan variael terikat berkaitan dengan hasil belajar siswa materi skala. Penelitian tindakan kelas yang digunakan peneliti model PTK menurut Kemmis & Mc Taggart. Instrumen penelitian yang digunakan ialah test & non test. Model test berupa soal cerita, sedangkan non test lembar observasi penilaian aktivitas siswa. Pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan data kuantitatif berbentuk angka-angka. Hasil penelitian terdapat peningkatan rata-rata dari hasil elajar siswa pada materi skala antara pratindakan 33,3%, siklus I 70% dan siklus II 86,7%. Kesimpulan dari penelitian ialah hasil belajar siswa mengalami peningkata dari pratindakan hingga ke siklus II terlihat dari persentase. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan media papan skala pada saat penyelesaian soal cerita materi skala.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Media
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eliz Imro'atul Azizah
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:40
Last Modified: 10 Nov 2020 04:40
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item