RAMADANI, FALEX FIRDIAN (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERAN DAN KEDUDUKAN ANGGOTA KELUARGA KELAS II SDN KALIREJO 2 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI FALEX FIRDIAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI FALEX FIRDIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (89kB) |
||
|
Text
ABSTRAK FALEX FIRDIAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text
BAB I FALEX FIRDIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (172kB) |
||
Text
BAB II FALEX FIRDIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (255kB) |
||
Text
BAB III FALEX FIRDIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (203kB) |
||
Text
BAB IV FALEX FIRDIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (132kB) |
||
Text
BAB V FALEX FIRDIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (82kB) |
||
Text
BAB VI FALEX FIRDIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (9kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA FALEX FIRDIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (157kB) |
Abstract
Kegiatan proses pembelajaran di SDN Kalirejo 2 Probolinggo belum maksimal seperti apa yang diharapkan, dengan tes hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 76. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan inovasi pembelajaran, dalam hal ini peneliti mencoba terobosan menggunakan pendekatan konsep dengan teknik Role Playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Role Playing berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas II SDN Kalirejo 2 Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakkan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalirejo 2 Kabupaten Probolinggo kelas II karena memiliki permasalahan yang mendesak untuk segera diselesaikan. Metode penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, apapun hasil siklus dua, jika siklus kedua mendapatkan hasil yang meningkat dibandingkan siklus pertama, maka penelitian dihentikan. Jika hasil yang diperoleh pada siklus kedua tidak meningkat, maka penelitian dilanjutkan hingga hasil belajar meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I terdapat 23 siswa yang tuntas dari 34 siswa. Sedangkan pada siklus II, terdsapat 31 siswa yang tuntas dari 34 siswa. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan yang sangat signifikan sebesar 34,8% jika dibandingkan dengan siswa tuntas pada siklus I.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model, Role Playing, Media Gambar, IPS. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 02:45 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 02:45 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1481 |
Actions (login required)
View Item |