NURRAHMAT, GOFUR (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN KALIREJO 2 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI GOFUR NURRAHMAT.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI GOFUR NURRAHMAT.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (90kB) |
||
Text
ABSTRAK GOFUR NURRAHMAT.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (85kB) |
||
Text
BAB I GOFUR NURRAHMAT.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (94kB) |
||
Text
BAB II GOFUR NURRAHMAT.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (182kB) |
||
Text
BAB III GOFUR NURRAHMAT.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (128kB) |
||
Text
BAB IV GOFUR NURRAHMAT.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (371kB) |
||
Text
BAB V GOFUR NURRAHMAT.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (5kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA GOFUR NURRAHMAT.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (86kB) |
Abstract
Guru hanya menjelaskan materi lebih dominan dibandingkan siswa. Padahal pembelajaran yang lebih efektif siswa mengalaminya sendiri agar siswa lebih padam materi yang dipelajarinya. Hal inilah yang menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk belajar matematika. Hasil ulangan matematika siswasiswi Kelas V SDN Kalirejo 2 Kec. Dringu Kab. Probolinggo masih rendah dapat dilihat dari ulangan terakhir selalu kurang dari 5, dari 20 siswa yang mendapatkan nilai tertinggi 7, 8, nilai terendah 3,5 sedang rata-ratanya 5,7 dengan KKM 65. Diharapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika disekolah SDN Kalirejo 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dalam bahasa Inggris adalah Classroom Action Reserch (CAR). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalirejo 2 Kabupaten Probolinggo kelas V karena memiliki permasalahan yang mendesak untuk segera diselesaikan. Intrumen penelitian yang kumpulkan adalah data keaktifan belajar dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua sikluas, apapun hasil siklus dua, penelitian akan dihentikan karena pertimbangan waktu, tenaga, dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I keaktifan kelas pertemuan I sebanyak 49%, pertemuan II sebanyak 59%, pertemuan III sebnyak 69%. Hasil belajar pada siklus I rata-ratanya adalah 69 dengan tingkat keberhasilan 70%. Keaktifan kelas pada siklus II pertemuan IV adalah 78%, pertemuan V adalah 86%, pertemuan VI adalah 89% dan pertemuan VII adalah 90%. Rata-rata hasil evaluasi siklus II menunjukkan 81,4 dan nilai rata-rata post test siklus II setinggi 80,25 dengan tingkat keberhasilan 85%.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Matematika, Pembelajaran Inkuiri, Sekolah Dasar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 04:08 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 04:08 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1483 |
Actions (login required)
View Item |