UPAYA MENINGKATKAN PRETASI BELAJAR IPS MATERI MENDESKRIPSIKAN SISTEM PERKEMBANGAN ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI ASEMBAKOR I

AJI, NUR ROHMAN DWI (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRETASI BELAJAR IPS MATERI MENDESKRIPSIKAN SISTEM PERKEMBANGAN ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI ASEMBAKOR I. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NUR ROHMAN DWI AJI.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI NUR ROHMAN DWI AJI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NUR ROHMAN DWI AJI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB I NUR ROHMAN DWI AJI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (336kB)
[img] Text
BAB II NUR ROHMAN DWI AJI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (675kB)
[img] Text
BAB III NUR ROHMAN DWI AJI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (780kB)
[img] Text
BAB IV NUR ROHMAN DWI AJI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (532kB)
[img] Text
BAB V NUR ROHMAN DWI AJI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (202kB)
[img] Text
BAB VI NUR ROHMAN DWI AJI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NUR ROHMAN DWI AJI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (297kB)

Abstract

Pendidik yaitu salah satu komponen pendidikan yang berperan penting terhadap terciptanya proses pembelajaran yang dapat mengantarkan siswa ke arah tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tentunya dibutuhkan suatu pola pembelajaran yang mampu menjembatani tercapainya tujuan tersebut. Salah satu cara yang efektif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR), yaitu penelitian tindakan (Action Research) yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil belajar sekelompok siswa. Penelitian tidakan kelas biasanya dilakukan selama 2 siklus , siklus pertama dilakukan mulai dari planning, Acting& Observing – 1, Reflecting – 1 dan Revise Plan – 1. Sedangkan siklus kedua dilakukan mulai dari planning, Acting& Observing – 2, Reflecting – 2 dan Revise Plan – 2. Dari hasil observasi pada kondisi awal pembelajaran, diketahui terdapat beberapa yang menjadi penyebab tidak optimalnya hasil belajar IPS di sekolah SDN Asembakor I Kabupaten Probolinggo sampai dengan nilai KKM yang belum tuntas, sehingga tindakan perbaikan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learnimg tipe STAD pemecahan masalah yang ada melalui 2 siklus dimana masing masing siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan. Dan untuk nilai dan presentase keberhasilan belajar diambil dari nilai post tes yang diadakan di pertemuan ke 2 di setiap siklusnya. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilakukan yaitu dengan memberikan refleksi (perbaikan) terhadap kekurangan yang terjadi pada siklus 1 sehingga pada siklus 2 siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, IPS, Model STAD.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:35
Last Modified: 16 Nov 2020 04:35
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item