UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS III SDI TARBIYAH TAHUN AJARAN 2017/2018

SUBARKAH, RIZKI (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS III SDI TARBIYAH TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI RIZKI SUBARKAH.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI RIZKI SUBARKAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RIZKI SUBARKAH.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB I RIZKI SUBARKAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (305kB)
[img] Text
BAB II RIZKI SUBARKAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (431kB)
[img] Text
BAB III RIZKI SUBARKAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (718kB)
[img] Text
BAB IV RIZKI SUBARKAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (466kB)
[img] Text
BAB V RIZKI SUBARKAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI RIZKI SUBARKAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIZKI SUBARKAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada kelas III SDI Tarbiyah Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelelitian ini siswa kelas III SDI Tarbiyah yang terdiri dari 19 siswa dengan rincian laki-laki berjumlah 9 siswa dan perempuan berjumlah 10 siswi. Jenis Penelitian termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran Matematika adalah 70, Pada pratindakan nilai kognitif siswa yang mencapai KKM 70 terdapat 13 siswa (68.42%) dan 6 siswa (31.58%) yang tidak tuntas, mengalami peningkatan pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM terdapat 15 siswa (78.95%) dan 4 siswa (21.05%) belum tuntas dan pada siklus ke 2 juga mengalami peningkatan yaitu terdapat 16 siswa (84.21%) yang mendapat nilai tuntas dan 3 siswa (15.79%) yang blum tuntas. Hasil belajar ranah afektif, pada pratindakan terdapat 14 siswa (73.68%) mendapat nilai tuntas, dan 5 siswa (26.32%) yang belum tuntas, mengalami peningkatan pada siklus 1 yaitu terdapat 15 siswa (78.95%) mendapat nilai tuntas dan 4 siswa (21.05%) yang belm tuntas. Dari siklus 1 ke siklus 2 juga mengalami peningkatan yaitu 16 siswa (84.21%) mendapat nilai tuntas dan 3 siswa (15.79%) yang belum tuntas pada kegiatan afektif. Sedangkan pada psikomotor, pada pratindakan terdapat 14 siswa (73.68%) mendapat nilai tuntas dan 5 siswa (26.32%) yang belum tuntas, mengalami peningkatan pada siklus 1 yaitu terdapat 15 siswa (78,95%) mendapat nilai tuntas, 4 siswa (21.05%) yang belum tuntas. Dari siklus 1 ke siklus 2 juga mengalami peningkatan skor psikomotor yaitu terdapat 16 siswa (84.21%) mendapat nilai tuntas dan 3 siswa (15.79%) mendpat nilai belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pendekatan Realistics Mathematics Education pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDI Tarbiyah Kecamatan Gending.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar. Model pendekatan Realistics Mathematics Education
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:37
Last Modified: 17 Nov 2020 02:37
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item