PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAKON KPK MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL UNTUK SISWA KELAS 4 DI SDN LIPRAK KULON 2

SUSIATI, (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAKON KPK MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL UNTUK SISWA KELAS 4 DI SDN LIPRAK KULON 2. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI SUSIATI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI SUSIATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (180kB)
[img] Text
ABSTRAK SUSIATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (90kB)
[img] Text
BAB I SUSIATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (179kB)
[img] Text
BAB II SUSIATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (359kB)
[img] Text
BAB III SUSIATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV SUSIATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (265kB)
[img] Text
BAB V SUSIATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SUSIATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (85kB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika yang abstrak, seorang guru harus mampu menemukan cara terbaik dalam menyampaikan konsep matematika yang diajarkan. Namun, kenyataannya sampai saat ini masih banyak guru yang memberikan konsep-konsep dasar matematika sesuai dengan jalan pikirannya, tanpa melihat bahwa jalan pikiran siswa tidak sama dengan jalan pikiran orang dewasa dalam hal ini guru untuk memahami konsep matematika yang abstrak. Selain itu, cara guru dalam menyampaikannya pun masih menggunakan metode ceramah konvensional dan tidak menggunakan alat peraga dengan sejumlah alasannya. Keadaan seperti ini di indikasikan yang menjadi faktor peyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk. Media kotak dakon KPK untuk memudahkan siswa dalam memahami materi Kelipatan Persekutuan Terkecil untuk siswa kelas IV sekolah dasar yang mempunyai tingkat kevalidan, keterterapan, dan keefektiffan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Peneliti ini menggunakan model yang dimodifikasi dari pendapat Dick and Carry yaitu, ADDIE model ini meliputi. 1) Analysis 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kusioner. Wawancara dilakukan untuk menganalisis kebutuhan sedangkan kusioner digunakan untuk validasi ahli media dan validasi ahli materi. Berdasarkan hasil validasi, dua ahli media pembelajaran memberikan nilai 91% untuk ahli media dan 93% untuk ahli materi termasuk kualifikasi sangat valid. Serta 90% validasi dari guru kelas 4 yang termasuk kategori baik. Keefektifan dari hasil yang diperoleh dari hasil kerja siswa yaitu 92% dan termasuk kategori efekti. Dengan perolehan rata-rata tersebut, maka metode pembelajaan kotak dakon KPK layak diuji coba dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian pengembangan media ini merupakan alat komunikasi yang mempunyai peranan penting bagi seorang pendidik dan peserta didik. Proses belajar mengajar akan berjalan lancar dikarenakan pemanfaatan dari metode mengajar, strategi mengajar yang digunakan secara efisien. Media kotak dakon KPK ini untuk memahami konsep materi kelipatan persekutuan terkecil untuk siswa kelas 4 sekolah dasar. Saran yang dapat membangun penelitian ini untuk lebih baik, media kotak dakon KPK dapat dikembangkan lebih lanjut agar siswa lebih memahami konsep materi Kelipatan Persekutuan Tekecil.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Kotak Dakon, Media Pembelajaran, Matematika
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eliz Imro'atul Azizah
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:31
Last Modified: 17 Nov 2020 03:31
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item