LAILI, ULUL QURROTUL (2019) PENERAPAN MEDIA BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA(MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDIT PERMATA KOTA PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI ULUL QURROTUL.pdf Download (28kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI ULUL QURROTUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (81kB) |
||
|
Text
ABSTRAK ULUL QURROTUL.pdf Download (7kB) | Preview |
|
Text
BAB I ULUL QURROTUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (97kB) |
||
Text
BAB II ULUL QURROTUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (104kB) |
||
Text
BAB III ULUL QURROTUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (166kB) |
||
Text
BAB IV ULUL QURROTUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (162kB) |
||
Text
BAB V ULUL QURROTUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (101kB) |
||
Text
BAB VI ULUL QURROTUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (5kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA ULUL QURROTUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (87kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti di SDIT Permata Kota Probolinggo kegiatan pembelajaran masih berlangsung secara konvensional, yaitu siswa mendengarkan penjelasan dari guru lebih cenderung melakukan metode ceramah dan penugasan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan media AV dalam pembelajaran IPS di kelas V. (3) mendeskripsikan upaya dalam mengatasi permasalahan pada penerapan media AV IPS di kelas V. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan dengan pendekatan penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif, pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelititan ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan media audio visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VB SDIT Permata dengan rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 57,66% menjadi 71,08% dengan kategori tinggi. (2) faktor pendukung dari penerapan media audio visual yaitu pengontrolan kelas yang lebih mudah, mudah bagi siswa menerima materi. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu beberapa siswa merasa bosan dan kurang fokus pada menit-menit akhir,video, serta suara video yang kurang maksimal. (3) upaya yang dapat dilakukan yaitu pemberian materi yang ringkas serta membangun kesiapan belajar siswa sebelum menyimak video.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Berbasis Audio Visual, dan Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 04:13 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 04:13 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1530 |
Actions (login required)
View Item |