HIKMIWATI, WINDY (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) PADA SISWA KELAS V SDN KALISALAM I KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI WINDY HIKMIWATI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI WINDY HIKMIWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (82kB) |
||
|
Text
ABSTRAK WINDY HIKMIWATI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
Text
BAB I WINDY HIKMIWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (94kB) |
||
Text
BAB II WINDY HIKMIWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (115kB) |
||
Text
BAB III WINDY HIKMIWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (182kB) |
||
Text
BAB IV WINDY HIKMIWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (370kB) |
||
Text
BAB V WINDY HIKMIWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (36kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA WINDY HIKMIWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (32kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara penelitian dan hasil observasi ini adalah untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun datar melalui model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) pada siswa kelas V SDN Kalisalam I Kecamatan Dringgu Kabupaten Probolinggo Tahun 2019/2020 Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Agustus 2019 penelitian dilakukan pada waktu itu yang berhubungan dengan permasalahan pembelajaran pada materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas kelas V SDN Kalisalam I Kecamatan Dringgu Kabupaten Probolinggo Tahun pelajaran 2019/2020 Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari 5 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Revisi menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II, dengan siklus III. Sedangkan data berupa angka (data kuantitatif) dari hasil belajar tentang sifat-sifat bangun datar siswa dianalisis menggunakan deskriptif koperatif yaitu membandingkan nilai tes siklus I, dan nilai siklus II,dan siklus III kemudian direfleksi. Jenis penelitian tindakan pada pembelajaran melalui model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) dalam upaya meningkatkan motivasi belajar tentang sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Kalisalam I Kecamatan Dringgu Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 dari siklus I dan siklus II terdapat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran bermain bola kasti, adapun aspek yang diamati yaitu tentang mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar, sedangkan ketuntasan hasil belajar dari kondisi awal dari 27 siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 66,00 setelah dilaksanakan tindakan siklus I Pertemuan ke 1 mengalami peningkatan yang mendapatkan hasil tuntas belajar rata-rata 66,50 pada siklus I pertemuan ke 2 meningkat nilai hasil rata-rata 74,58. Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat nilai rata-rata 74,72. Dan pada siklus II Pertemuan ke I Meningkat dengan nilai rata-rata 74,72 Hasil dari penelitian ini adalah ditetapkannya model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar tentang sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Kalisalam 1 Kecamatan Dringgu Kabupaten Probolinggo tahun 2019/2020 pembelajaran model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) berbentuk video Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya (Kelas VI SDN Kalisalam I Kab.Probolinggo TahunPelajaran 2019-2020)Pembelajaran model xiii Kooperatif Tipe STAD Student Teams Achievement Devision) ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Model Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 05:58 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 05:58 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1534 |
Actions (login required)
View Item |