MUNAWAROH, HANIFATUL (2019) PERANAN GURU PKn DALAM MEWUJUDKAN MORAL DAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM ERA MILENIAL (Studi Kasus di SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI HANIFATUL.pdf Download (66kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI HANIFATUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (11kB) |
||
|
Text
ABSTRAK HANIFATUL.pdf Download (6kB) | Preview |
|
Text
BAB I HANIFATUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (168kB) |
||
Text
BAB II HANIFATUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (218kB) |
||
Text
BAB III HANIFATUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (189kB) |
||
Text
BAB IV HANIFATUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (260kB) |
||
Text
BAB V HANIFATUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA HANIFATUL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (165kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi ketika studi pendahuluan menunjukkan bahwa peraturan mengenai kedisiplinan di SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo sudah dibuat dengan bentuk tertulis. Akan tetapi, masih ada peserta didik yang tidak bisa mematuhi peraturan tersebut bahkan berulang-ulang melakukan pelanggaran, walaupun sekolah sudah berupaya untuk menertibkan dengan cara memberikan sanksi kepada peserta didik yang melanggar. Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan, yaitu (1) Bagaimana Peranan Guru Pkn Dalam Mewujudkan Moral dan Disiplin Peserta Didik Dalam Era Milenial (Studi Kasus di SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo), (2) Hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru PKn dalam mewujudkan moral dan disiplin peserta didik dalam era milenial (Studi Kasus di SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo), (3) Upaya apa yang dilakukan oleh guru PKn dalam mewujudkan moral dan disiplin peserta didik dalam era milenial (Studi Kasus di SMK Tamansiswa 1 Kota Probolinggo). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru PKn dalam mewujudkan moral dan disiplin peserta didik dalam era milenial sudah cukup baik, hal tersebut dilihat dari sikap guru yang selalu mengajarkan moral dan disiplin di sekolah serta tidak melanggar kode etik guru. Hambatan yang dihadapi guru dalam peranan mewujudkan moral dan disiplin peserta didik, meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mewujudkan moral dan disiplin peserta didik, yaitu melakukan kegiatan kepemimpinan, melakukan kerja sama dengan seluruh pihak sekolah, guru memberikan contoh sikap yang sesuai moral dan disiplin, membentuk jadwal guru piket, memberikan poin pelanggaran serta pelaksanaan hukuman sebagai usaha menyadarkan, mengoreksi dan meluruskan perilaku yang salah. Dengan demikian, penulis menyarankan kepada segenap warga sekolah agar selalu mempertahankan dan meningkatkan sikap disiplin dan moral yang telah diterapkan di sekolah. Selain itu, hendaknya melakukan evaluasi terhadap peranan guru PKn khususnya dalam mewujudkan moral dan disiplin siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru, Moral, Disiplin |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 03:59 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 03:59 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1539 |
Actions (login required)
View Item |