STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DI DINAS PEMUDA, OLAHRAGA DAN PARIWISATA KOTA PROBOLINGGO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi pada Event “Seminggu di Probolinggo (Semipro)’’ Tahun 2019)

RENDYANSYAH, ACHMAD GHOFFAR (2020) STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DI DINAS PEMUDA, OLAHRAGA DAN PARIWISATA KOTA PROBOLINGGO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi pada Event “Seminggu di Probolinggo (Semipro)’’ Tahun 2019). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ACHMAD GHOFFAR.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI ACHMAD GHOFAR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
RINGKASAN ACHMAD GHOFFAR.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 ACHMAD GHOFFAR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (80kB)
[img] Text
BAB 2 ACHMAD GHOFFAR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (78kB)
[img] Text
BAB 3 ACHMAD GHOFFAR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (178kB)
[img] Text
BAB 4 ACHMAD GHOFFAR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (312kB)
[img] Text
BAB 5 ACHMAD GHOFFAR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ACHMAD GHOFFAR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (207kB)

Abstract

Pengembangan pariwisata akan menjadi fenomena besar. Adanya perencanaan pariwisata yang terintegrasi untuk dipertimbangkan, dan disertai adanya konsentrasi yang cukup pada pendekatan secara komprehensif untuk jangka panjang merupakan sesuatu yang penting. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, di tahun 2018 memiliki 863 objek wisata yang mana terdapat 264 objek wisata alam, 357 objek wisata budaya, serta 242 objek wisata buatan (Disbudpar Jatim: 2018). Daya tarik Kota Probolinggo sebagai tujuan wisata lokal maupun mancanegara perlu ditingkatkan tidak hanya wisata alam saja melainkan seni dan budayanya. Pemerintah setempat berinisiatif membuat sebuah acara atau event dengan maksud sebagai bentuk pelestarian budaya dan kesenian lokal selain kegiatan promosi parawisata juga menjadi agenda, oleh karena itu Pemerintah Kota Probolinggo meluncurkan sebuah event dengan nama “SEMIPRO” (Seminggu di Kota Probolinggo). Event Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) digelar untuk ke 11 kalinya. Event ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2009, dengan menawarkan beberapa program dalam pementasan seni dan budaya serta perlombaan dibidang olahraga dan festival. Event Semipro 2019 yang diselenggarakan di Stadion Bayuangga, perputaran ekonomi mencapai hampir Rp 2 Miliar. Hal ini, menunjukkan bahwa objek wisata budaya terkesan memberikan kontribusi yang berarti bagi pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kota Probolinggo khususnya pendapatan dalam sektor pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk Strategi Promosi Pariwisata di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Probolinggo dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Event “Seminggu Di Probolinggo” (Semipro) Tahun 2019) dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari strategi promosi pariwisata di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Probolinggo dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Event “Seminggu Di Probolinggo” (Semipro) Tahun 2019). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan teori SWOT dari Philip Kotler yang diartikan sebagai penjelasan evaluasi keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman suatu pelaksanaan kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Probolinggo dalam mempromosikan Event Semipro 2019 xvi untuk menarik minat wisatawan dengan cara mempromosikan melalui media sosial, media cetak, dan media elektronik yang dibantu oleh Pemerintah Kota Probolinggo. Keberhasilan dan Evaluasi dari srategi promosi pariwisata pada Event Semipro 2019 dapat dilihat dari teori SWOT yang meliputi dari segi Strenghts (kekuatan) Event Semipro itu sendiri merupakan salah satu kegiatan menonjol dari 10 (sepuluh) kegiatan yang dilakukan dalam satu tahun. Weaknesses (kelemahan) Event Semipro 2019 yang memilih lokasi di Stadion Bayuangga sedikit mendapatkan kritikan dari beberapa masyarakat terutama atlet sepak bola karena para atlet tidak bisa melakukan latihan sepak bola selama satu minggu dan semua fasilitas yang ada di Stadion pun menjadi rusak. Opportunities (peluang) Event Seminggu di Probolinggo (Semipro) dapat menjadi salah satu icon pariwisata serta sebagai bentuk pelestarian budaya lokal pandalungan di Kota Probolinggo. Threats (Ancaman) Dinas Pemuda, Olahraga, dan Budaya Kota Probolinggo wajib bisa menggunakan media sosial dan melibatkan kaum muda millenial untuk mempromosikan pariwisata Event Semipro. Tujuan dari pelaksanaannya, agar lebih menarik di tahun-tahun berikutnya serta mampu mengikuti perkembangan ilmu teknologi yang ada supaya wisata budaya Kota Probolinggo tidak hilang begitu saja.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi Pariwisata, Pendapatan Asli Daerah, Event Semipro 2019.
Subjects: Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Divisions: Administrasi Publik
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 06 May 2021 02:04
Last Modified: 06 May 2021 02:04
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item