PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBASIS BUKU FABEL BERKARAKTER UNTUK PENINGKATAN LITERASI BANGUN DATAR (Studi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sebaung II Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020)

Julian, Nadila Tri (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBASIS BUKU FABEL BERKARAKTER UNTUK PENINGKATAN LITERASI BANGUN DATAR (Studi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sebaung II Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NADILA TRI JULIAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI NADILA TRI JULIAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NADILA TRI JULIAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB I NADILA TRI JULIAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (332kB)
[img] Text
BAB II NADILA TRI JULIAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (138kB)
[img] Text
BAB III NADILA TRI JULIAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV NADILA TRI JULIAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img] Text
BAB V NADILA TRI JULIAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NADILA TRI JULIAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (193kB)

Abstract

Dunia literasi matematika atau kemampuan memecahkan permasalahan pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN Sebaung II masih rendah, khususnya materi pada bangun datar, hal ini diketahui bahwa siswa belum mengenal bangun datar di sekitar dan tidak memahaminya ditambah dengan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran yang kurang menyesuaikan dengan karakteristik mereka. Tujuan penelitian untuk menghasilkan sebuah bahan ajar yang menyeimbangkan antara ranah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta untuk menciptakan suatu bahan ajar buku berbasis fabel berkarakter pada materi bangun datar yang valid, praktis, menarik, efektif, dan dapat meningkatkan literasi dalam dunia matematika atau kemampuan anak mengenai persoalan matematika dalam bangun datar kelas IV SD dari 51% menjadi 80%. Model pengembangan yang digunakan adalah R & D, Borg, W.R and Gall, yaitu melakukan sistematika penelitian yang dimulai dari tahap pengumpulan informasi awal yaitu dengan (studi pustaka, mengkaji kurikulum, dan studi di lapangan, tahap pengumpulan dan pemilihan bahan, dan menyusun kerangka dalam bahan ajar), perencanaan dan menyusun, pengembangan format produk awal, revisi dan terakhir uji coba produk. Hasil validasi materi buku mencapai 90%, validasi ahli media desain mencapai 96%, hasil penilaian kepraktisan dari guru mencapai 86%, penilaian kepraktisan dari siswa 88%, penilaian angket kemenarikan dari siswa 87%, dan hasil keefektifan setelah menggunakan produk pengembangan mencapai 80% tuntas mencapai nilai KKM setelah pos tes, atau lebih tinggi dibandingkan dengan pre tes yaitu 51% dan 10% siswa masih belum mencapai ketuntasan. Berdasarkan dari data tersebut, maka produk pengembangan ini telah dinyatakan valid, praktis, menarik, dan efektif untuk peningkatan literasi dalam pembelajaran matematika bangun datar kelas IV SD.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bangun Datar, Fabel, dan Literasi Matematika.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:53
Last Modified: 21 Oct 2021 06:53
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/2311

Actions (login required)

View Item View Item