Loadi, Oky Dwi Wahyu (2022) Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grapari Telkomsel. repository.upm.ac.id. pp. 1-13.
|
Text
artikel oky.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di GraPARI Telkomsel Probolinggo, dan juga variabel manakah yang lebih dominan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori yaitu Penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel independen dengan variabel dependen, Variabel yang digunakan variabel bebas yang berupa strategi pemasaran dan kualitas pelayanan, dan variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan. Metode analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif dengan memakai rumus statistik berupa uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis ( Uji F dan Uji T ). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan di GraPARI Telkomsel Probolinggo, hal tersebut di buktikan berdasarkan nilai f hitung sebesar 21,240 lebih besar dari f tabel yaitu 4,21 ( 21,240>4,21). Secara parsial strategi pemasaran tidak ada pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan di GraPARI Telkomsel Probolinggo karena t hitung < t tabel (-160 < 2,052), sedangkan kualitas pelayanan ada pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di GraPARI Telkomsel Probolinggo karena t hitung > t tabel ( 6,494 > 2,052). Berdasarkan hasil analisis mengenai variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, terlihat bahwa antara kedua variabel yang dianalisis yaitu strategi pemasaran dan kualitas pelayanan maka variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan, hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda bahwa nilai koefisien regresi b1 = 17,169 > b2 = 17,748 yang membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan di GraPARI Telkomsel Probolinggo. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi |
Divisions: | Manajemen |
Depositing User: | Oky Dwi Wahyu Loadi |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:49 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 09:50 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/2461 |
Actions (login required)
View Item |