Peranan Kedisiplinan Petugas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat

Khoiriyah, Khoiriyah (2022) Peranan Kedisiplinan Petugas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. repository.upm.ac.id.

[img]
Preview
Text
Artikel Khoiriyah.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengetahui kedisiplinan petugas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di kantor kecamatan pajarakan kabupaten probolinggo, dengan metode diskriptif, total sampling 23 responden dengan hasil: Variabel disiplin kerja dengan tanggapan responden tentang etika kerja, petugas pelayanan menciptakan suasana harmonis dalam melayani masyarakat, jawaban terbanyak menyatakan “setuju” dengan 87%. Hal ini menunjukkan bahwa petugas pelayanan sudah baik dalam menciptakan suasana harmonis saat melayani masyarakat di kantor kecamatan pajarakan kabupaten probolinggo.`Untuk Variabel disiplin kerja tentang ketaatan pada standar kerja, petugas pelayanan tidak menunda-nunda pekerjaannya, dapat di simpulkan bahwa petugas pelayanan masih kurang baik dalam melaksanakan tugasnya. Karna di lihat dari jawaban responden terendah menyatakan “kurang setuju” dengan persentase 9%. Variabel Kepuasan konsumen atau masyarakat dengan tanggapan responden tentang kesopanan dan keramahan, petugas pelayanan berinteraksi langsung secara sopan dan ramah, jawaban terbanyak menyatakan “setuju” dengan persentase 83%. Hal ini bisa dilihat dari beberapa petugas pelayanan dalam berinteraksi langsung secara sopan dan ramah kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Untuk Variabel Kepuasan Konsumen atau Masyarakat tanggapan responden tentang kelengkapan, petugas tersedianya ruang tunggu di ruang pelayanan, jawaban terendah menyatakan “kurang setuju” dengan persentase 4%. Hal ini bisa dilihat dari kurangnya fasilitas yang memadai di ruang tunggu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja dapat mempengaruhi kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Hal-hal yang perlu mendapat perhatian manajemen adalah ketepatan waktu pekerjaannya agar apa yang ditugaskan selesai pada waktunya, melengkapi fasilitas untuk kenyamanam dalam pelayanan masyarakat, meningkatkan suasana harmonis dalam melayani masyarakat dan tetap menjaga kesopanan dan keramahan. Kata kunci: Kedisiplinan Petugas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Manajemen
Depositing User: Khoiriyah Khoiriyah
Date Deposited: 23 Jan 2022 14:17
Last Modified: 23 Jan 2022 14:17
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item View Item