Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Di UD. SKR Kabupaten Probolinggo

Susanti, Amilia (2022) Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Di UD. SKR Kabupaten Probolinggo. repository.upm.ac.id.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Artikel Susanti.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara harga dan kualitas produk secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui faktor manakah diantara harga dan kualitas produk yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian mebel di UD. SKR Kabupaten Probolinggo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di UD. SKR Kabupaten Probolinggo yang diambil sampel sebanyak 30 orang yang digunakan sebagai responden dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kuantitatif yang menggunakan enam rumus yaitu uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F, dan uji t dengan bantuan software spss 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dari hasil analisis uji F (regresi simultan) diketahui secara bersama-sama harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di UD. SKR Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil pengujian F (simultan) statistik menunjukkan nilai sebesar 14.253 dengan signifikansi sebesar 0,000. Yang mana jika nilai signifikansi (p value) ≤ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) secara parsial harga dan kualitas produk masing-masing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian mebel di UD. SKR Kabubpaten Probolinggo. Berdasarkan hasil uji t parsial pengaruh harga terhadap keputusan pembelian menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,374 dengan signifikansi sebesar 0,034. Sedangkan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,262 dengan signifikansi sebesar 0,009. Jika nilai signifikansi (p value) ≤ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) berdasarkan hasil analisis mengenai variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian, terlihat bahwa yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel kualitas produk. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji parsial dengan nilai thitung kualitas produk menunjukkan angka 2,801 lebih besar dibandingkan nilai thitung harga yang hanya sebesar 2, 237.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Ekonomi
Divisions: Manajemen
Depositing User: Amilia Susanti
Date Deposited: 06 Feb 2022 08:43
Last Modified: 06 Feb 2022 08:43
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/2665

Available Versions of this Item

  • Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Di UD. SKR Kabupaten Probolinggo. (deposited 06 Feb 2022 08:43) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item