TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENUMPANG JASA ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

SU’AIDIAH, ZIDA SHOBRINA (2019) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENUMPANG JASA ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ZIDA SHOBRINA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN JUDUL ZIDA SHOBRINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR ISI ZIDA SHOBRINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRAK ZIDA SHOBRINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM until 2019.

Download (57kB)
[img] Text
BAB I ZIDA SHOBRINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (110kB)
[img] Text
BAB II ZIDA SHOBRINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (139kB)
[img] Text
BAB III ZIDA SHOBRINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV ZIDA SHOBRINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ZIDA SHOBRINA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (54kB)

Abstract

Angkutan umum merupakan fasilitas umum yang sering dijadikan alat pendukung transportasi sebagai sarana penunjang pembangunan ekonomi dan perkembangan masyarakat serta pertumbuhan industrial. Untuk itu penyedia jasa angkutan umum harus memperhatikan segi keamanan dan kenyaman kendaraan mereka yang digunakan sebagai alat angkut sehingga penumpang sebagai pengguna jasa dapat terpenuhi segala hak-haknya sebagai mana mestinya tanpa merasa dirugikan karena kondisi angkutan umum yang kurang nyaman dan kurang menjaga keselamatan dari penumpang itu sendiri. Namun pada kenyataannya masih terdapat hak-hak penumpang yang terabaikan dalam hal kenyamanan dan keselamatan penumpang, sehingga penulis tertarik membuat penelitian tentang perlindungan hukum terhadap penumpang angkutan umum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Tanggungjawab Pemilik Jasa Angkutan Umum Darat (Angkot) jika terjadi kecelakaan pada Penumpangnya? Dan bagaimana ganti rugi yang ditanggung oleh Jasa Raharja Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normative. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan (observasi) dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan hanyalah bersumber dari data sekunder yakni data yang diperoleh secara tidak langsung umumnya data dalam keadaan siap terbuat (ready made) dan berbentuk informasi sebagai penunjang dalam penelitian kepustakaan yang diperoleh dari dokumen, buku, karya ilmiah, jurnal, informasi internet serta peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan variabel penelitian. Prosedur pengumbulan data dalam penulisan skripsi ini adalah dengan teknik Pengamatan dan Studi Kepustakaan. Data yang diperoleh dari berbagai bahan hukum tersebut kemudian dianalisa untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan yang diangkat dengan menggunakan metode preskriptif yakni berdasarkan aturan hukum dan norma yang valid. Data dari sumber hukum sekunder kemudian disusun secara sistematis dengan menggunakan logika berpikir deduktif yakni cara berpikir yang diambil dari pernyataan yang bersifat umum lalu ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kurangnya kesadaran penyedia jasa dimana disini angkutan umum (Angkutan Kota) dalam memperhatikan tingkat keselamatan dan kenyaman penumpang sebagai pengguna jasa dan juga dari segi penumpang sendiri kurang mengerti bahwa hak-hak mereka untuk mendapatkan kenyamanan dan keselamatan dalam memakai jasa angkutan umum telah terabaikan. Penelitian hukum ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi penyedia jasa angkutan umum untuk lebih memperhatikan hak penumpang sebagai pengguna jasa angkutan umum.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen ; Penumpang ; Angkutan Umum
Subjects: Fakultas Hukum
Divisions: Hukum
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:12
Last Modified: 26 Oct 2019 04:17
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item