Kartini, Dwi Putri (2022) Klasifikasi Target Keluhan Untuk Lembaga Terkait Pada Instansi Pemerintah Menggunakan Support Vector Machine. Repository UPM.
|
Text
Klasifikasi Target Keluhan Untuk Lembaga Terkait Pada Instansi Pemerintah Menggunakan Support Vector Machine.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Pengaduan merupakan bentuk penerapan dari pengawasan masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah yang dapat disampaikan secara lisan maupun tertulis kepada lembaga atau instansi terkait. Media sosial seperti facebook sering digunakan untuk menuliskan keluhan melihat kinerja aparatur pemerintah. Keluhan ini sebagian besar tidak menyertakan alamat atau kepada lembaga atau instansi yang dituju. Padahal keluhan tersebut disampaikan dengan harapan segera mendapatkan jawaban yang cepat dan tepat dari lembaga atau instansi terkait. Penelitian ini menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Metode SVM merupakan sistem pembelajaran yang menggunakan ruang hipotesis berupa fungsi-fungsi linier dalam sebuah ruang fitur (feature space) berdimensi tinggi. Input yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen keluhan masyarakat. Tahapan praproses meliputi case folding, tokenisasi, filtering/ stopword removal, stemming dan tf-idf. Output yang dihasilkan berupa nama lembaga atau instansi. Terdapat enam rasio dalam uji coba penelitian ini, nilai akurasi tertinggi sebesar 85% yaitu pada rasio 80:20 sedangkan nilai akurasi terendah sebesar 68,8% yaitu pada rasio 50:50. Hal ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun sudah sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: keluhan, klasifikasi, SVM
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Fakultas Teknik |
Divisions: | Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:22 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 04:22 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3099 |
Actions (login required)
View Item |