PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (Studi pada Siswa Kelas V di SDN Ranuagung I) KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO

SAID, MOCH. (2021) PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (Studi pada Siswa Kelas V di SDN Ranuagung I) KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MOCH. SAID.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI MOCH. SAID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MOCH. SAID.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
BAB I MOCH. SAID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (484kB)
[img] Text
BAB II MOCH. SAID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (603kB)
[img] Text
BAB III MOCH. SAID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV MOCH. SAID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (803kB)
[img] Text
BAB V MOCH. SAID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MOCH. SAID.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Ranuagung I kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 17 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 8 siswa dan siswi perempuan berjumlah 9 siswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Data yang diperoleh pada penelitian yaitu prestasi belajar kognitif, afektif, dan prikomotor siswa setelah diterapkan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. meningkat yaitu dapat dilihat dari hasil bahwa hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe two stay two stray pada siklus I dan siklus II dapat meningkatkan ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Pada nilai kognitif siswa yang mencapai KKM 65 terdapat 9 siswa (53%) mengalami peningkatan pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM terdapat 14 siswa (82%) dan pada siklus ke 2. Prestasi belajar ranah afektif, terdapat 1 siswa (6%) mendapat skor sangat baik, 12 siswa (70%) mendapat skor baik, 3 siswa (18%) mendapat skor cukup baik dan 1 siswa (6%) mendapat skor kurang baik pada siklus 1, dapat terlihat pada capaian persentase yang meningkat pada siklus 2 menjadi 2 siswa (12%) mendapat skor sangat baik, 12 siswa (70%) mendapat skor baik, 2 siswa (12%) mendapat skor cukup baik dan 1 siswa (6%). Dari siklus 1 ke siklus ke 2 juga mengalami peningkatan yaitu seluruh siswa mendapat skor afektif dengan kriteria sangat baik dan kriteria baik. Sedangkan pada psikomotor, terdapat terdapat 11 siswa (65%) mendapat skor sangat baik, 6 siswa (35%) mendapat skor baik, tidak ada siswa yang mendapat skor cukup baik dan skor kurang baik pada siklus 1. Peningkatan hasil belajra psikomotor meningkat dapat terlihat pada capaian persentase yang meningkat pada siklus 2 menjadi 12 siswa (70%) mendapat skor sangat baik, 5 siswa (30%) mendapat skor baik, tidak ada siswa yang mendapat skor cukup baik dan skor kurang baik . Dari siklus 1 ke siklus ke 2 juga mengalami peningkatan yaitu seluruh siswa mendapat skor psikomotors dengan kriteria sangat baik dan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Ranuagung I kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Cooperative Learning And Two Stay Two Stray
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:44
Last Modified: 12 Dec 2022 01:44
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item