PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH RAUDLATUL ULUM KARANGGEGER

RAHMAN, ADITYA (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH RAUDLATUL ULUM KARANGGEGER. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ADITYA RAHMAN.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI ADITYA RAHMAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ADITYA RAHMAN.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
BAB I ADITYA RAHMAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (151kB)
[img] Text
BAB II ADITYA RAHMAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (216kB)
[img] Text
BAB III ADITYA RAHMAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV ADITYA RAHMAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (458kB)
[img] Text
BAB V ADITYA RAHMAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI ADITYA RAHMAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ADITYA RAHMAN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (160kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di MI Raudlatul Ulum Karanggeger ditemukan masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis puisi. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran menulis puisi siswa hanya diberi penjelasan dan contoh tentang puisi kemudian diberi tugas untuk menulis puisi dengan kemampuannya sendiri. Dalam hal ini, guru kurang memberikan peluang kepada siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kehidupan nyata. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas V MI Raudlatul Ulum Karanggeger dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V MI Raudlatul Ulum Karanggeger. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes uraian. Teknik non tes berupa pengamatan terhadap aktivitas siswa dan performansi guru. Hasil penelitian menunjukkan adanyapeningkatan hasil belajar siswa. Pada tes pratindakan diperoleh nilai rata-rata 59,4 sedangkan pada siklus I nilai ratarata mencapai 82,7. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata menulis puisi dari pratindakan ke siklus I sebesar 23,3 poin. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 84,4, mengalami peningkatan sebesar 1,7 poin dari siklus I dan 25 poin dari tes pratindakan. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL), hasil belajar menulis puisi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:27
Last Modified: 17 Feb 2023 04:27
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item