MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DENGAN PENDAMPINGAN BELAJAR PADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DI KOTA PROBOLINGGO

Muhammad, Alief and Wahyudi, Djoko and Izzuddin, Ahmad and Luthfi, Nur Ahmad (2022) MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DENGAN PENDAMPINGAN BELAJAR PADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DI KOTA PROBOLINGGO. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Indonesia.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DENGAN PENDAMPINGAN BELAJAR PADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR TERDAMPAK PANDEMI COVID-19DI KOTA PROBOLINGGO.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/artic...

Abstract

Selama masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), semua orang dituntut untuk dapat mengoperasikan media digital dengan kurang adanya pembelajaran tentang literasi digital yang baik. Panduan penggunaan aplikasi atau media digital saja belum cukup untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswi sehingga muncul berbagai permasalahan yang menyebabkan adanya kemunduran prestasi. Kasus ini terjadi pada SD Miftahul Ulum berlokasi di Jalan Cokro Aminoto, Gg III Nomer 26, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Memberikan tambahan bimbingan belajar dapat membantu mengejar ketertinggalan siswa-siswi dalam mempelajari materi. Namun, belum dapat membantu dalam peningkatan kemampuan menyerap materi pembelajaran. Selain itu, masa pandemi Covid-19 maupun pasca pandemi nanti siswa-siswi dituntut untuk memiliki kemampuan literasi digital yang tinggi. Kegiatan yang dilakukan telah direncanakan dan disusun menjadi enam tahap, yaitu tahap persiapan, asesmen, bimbingan belajar, pendampingan, implementasi, dan evaluasi. Melalui enam tahap tersebut, hanya terdapat dua jenis kegiatan utama yang dilakukan. Pertama, kegiatan bimbingan belajar bagi siswa-siswi yang kesulitan memahami materi pembelajaran akibat dampak pandemi Covid-19. Kedua, kegiatan pendampingan dalam memberikan pengetahuan mengenai literasi digital terhadap siswa-siswi. Setelah seluruh tahap kegiatan dilakukan, siswa-siswi yang mengalami kemunduran materi dapat kembali menyusul dengan baik. Selain itu, kemampuan siswa-siswi dalam memanfaatkan media digital juga semakin baik.

Item Type: Other
Subjects: Fakultas Teknik
Divisions: Teknik Elektro
Depositing User: Ahmad izzuddin
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:22
Last Modified: 03 Apr 2023 03:22
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3563

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item