PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGOSARI II KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO

RONI, (2022) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGOSARI II KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI RONI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI RONI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RONI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I RONI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II RONI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III RONI.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV RONI.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V RONI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA RONI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Metode Diskusi terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Tlogosari II Kecamatan Tiris Kabupaten Pobolinggo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Panca Marga Probolinggo. Masalah utama penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa SD Negeri Tlogosari II Kecamatan Tiris ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa SD Negeri Tlogosari II Kecamatan Tiris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri siswa SD Negeri Tlogosari II Kecamatan Tiris. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V sebanyak 13 orang. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek di atas terpenuhi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data skor perolehan hasil keterampilan berbicara siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes melalui diskusi, data tentang aktivitas murid dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis statistik deskriptif penggunaan metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa positif, keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode bermain menunjukkkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan metode diskusi. Hasil analisis statistic inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 12,24dengan frekuensi db = 30–1 = 29, pada taraf signifikansi 50% diperoleh t Tabel = 2,14. Jadi, t Hitung > t tabel atau hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada Pengaruh Metode Diskusi terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri siswa SD Negeri Tlogosari II Kecamatan Tiris .

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pra-eksperimen, metode diskusi dan keterampilan berbicara.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:23
Last Modified: 14 Dec 2023 01:23
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4138

Actions (login required)

View Item View Item