APLIKASI PEMBELAJARAN BERTEMA WAWASAN KEBANGSAAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PLATFORM ANDROID

ANGELIKA, JESSICA JULIAN (2022) APLIKASI PEMBELAJARAN BERTEMA WAWASAN KEBANGSAAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PLATFORM ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA JESSICA JULIAN ANGELIKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Wawasan kebangsaan adalah sesuatu yang sangat penting untuk diketahui oleh generasi muda saat ini. Wawasan kebangsaan menjadi salah satu sebab dalam rangka menumbuhkan dan membentuk karakter kebangsaan generasi bangsa. Generasi muda saat ini cenderung lebih mengenal tokoh-tokoh dalam perfilman dibandingkan dengan tokoh nasionalis. Salah satu dampak buruk ini menunjukkan bahwa kepekaan generasi muda terhadap terhadap budaya bangsa melemah. Hal tersebut perlu diatasi dengan menghadirkan materi wawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan yang juga identik dengan nilai patriotisme. Nilai patriotisme merupakan sikap yang dimiliki oleh para pahlawan nasionalis. Salah satu mata pelajaran yang dapat menanamkan pendidikan karakter yaitu mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dengan kompetensi dasar salah satunya tokoh kepahlawanan. Tokoh kepahlawanan disajikan dalam bentuk buku paket tematik tentang pahlawanku dikelas IV SD. Metode pengembangan software yang digunakan adalah metode waterfall. Desain perangkat lunak menggunakan desain sistem model UML ( Unified Modeling Language) diantaranya ada Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Aplikasi yang memunculkan objek 2D yang bergerak dan informasi singkat tentang pahlawanku ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa sekolah dasar dan memudahkan guru dalam menyampaikan informasi tentang tokoh kepahlawanan. Hasil dari pengujian UAT (User Acceptance Test) untuk pengguna menghasilkan presentase skor dari seluruh pertanyaan yaitu sebesar 94,7%. Perhitungan menggunakan skala likert dapat disimpulkan bahwa responden menyatakan sangat setuju dengan penggunaan aplikasi ini.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wawasan Kebangsaan, Tokoh Pahlawan, Augmented Reality
Subjects: Fakultas Teknik
Divisions: Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:04
Last Modified: 05 Jan 2024 02:04
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item