PENGEMBANGAN KOMIK BAHASA INDONESIA (KOMINDO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SDI AINUR RAHMAH PROBOLINGGO

ULYA, MUHIMMA YATUN NISA’UL (2023) PENGEMBANGAN KOMIK BAHASA INDONESIA (KOMINDO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SDI AINUR RAHMAH PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MUHIMMA YATUN.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI MUHIMMA YATUN.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MUHIMMA YATUN.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 MUHIMMA YATUN.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 MUHIMMA YATUN.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 MUHIMMA YATUN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 MUHIMMA YATUN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 MUHIMMA YATUN.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA MUHIMMA YATUN.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Komik Bahasa Indonesia (KOMINDO) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. KOMINDO dikembangkan melalui validasi oleh para ahli materi dan ahli media serta penilaian melalui angket respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDI Ainur Rahmah pada kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon guru, angket respon siswa, dan soal tes kemampuan literasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa : 1) KOMINDO dikembangkan dalam bentuk bahan ajar berbantu aplikasi Clip Studio Paint dan Canva dirancang menyesuaikan karaktersitik siswa sehinga memudahkan siswa kelas IV SD dalam memahami materi cerita fiksi dan meningkatkan kemampuan literasi pada pembelajaran bahasa Indonesia; 2) Komik bahasa Indonesia dikategorikan sangat layak melalui validasi oleh ahli materi dan ahli media; 3) Komik bahasa Indonesia dikategorikan sangat praktis melalui uji respon siswa pada kelas eksperimen; 4) Komik bahasa Indonesia dikategorikan sangat efektif melalui hasil tes kemampuan literasi pada kelas eksperimen dengan perolehan nilai rata-rata melebihi nilai Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) sekolah. Disimpulkan bahwa komik bahasa Indonesia dikatakan sangat efektif dan sangat praktis untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komik Bahasa Indonesia, Literasi, Penelitian dan Pengembangan
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:36
Last Modified: 13 Feb 2024 06:36
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item