Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Tentang Menunjukkan Sikap Terhadap Globalisasi Di Lingkungannya Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tempuran Kecamatan Bantaran Kabuaten Probolinggo.

Rofikha Nuriyanti, Rofikha Nuriyanti Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Tentang Menunjukkan Sikap Terhadap Globalisasi Di Lingkungannya Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tempuran Kecamatan Bantaran Kabuaten Probolinggo. FKIP Universitas Panca Marga, Jurnal Pedagogy, Volume 9 No 1.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG MENUNJUKKAN SIKAP TERHADAP GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN TEMPURAN KECAMATAN BANTARAN KABUATEN PROBOLI.pdf

Download (699kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/arti...

Abstract

Penelitian bertolak dari permasalahan yang terdapat di SDN Tempuran Yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran PKn tentang menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya dari 34 siswa hanya 12 siswa yang mendapat nilai 70 keatas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bermain peran bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tempuran kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo setelah menerapkan metode belajar bermain peran. sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran bisa meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Tempuran kecamatan bantaran kabupaten Probolinggo setelah menerapkan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terbagi atas dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. penelitian ini dibantu oleh teman sejawat selaku pengamat yang mengamati kegiatan guru dan siswa selama perbaikan. setelah penelitian dilakukan, hasil belajar siswa meningkat dari 35% siswa yang tuntas sebelum diadakan penelitian menjadi 56% pada siklus I dan meningkat menjadi 88% pada siklus 2. dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran pada pembelajaran PKn tentang menunjukkan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungannya telah mampu meningkatkan hasi belajar siswa kelas IV SDN Tempuran Kecamatan Tempuran Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Other
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ROFIKHA NURIYANTI
Date Deposited: 23 Mar 2024 03:36
Last Modified: 23 Mar 2024 03:36
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4748

Actions (login required)

View Item View Item