RIZQIYAH, ANIFATUR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BOOK BERBASIS ASSEMBLR EDU MATERI ORGAN TUBUH PADA SISWA KELAS V DI SDN CURAHGRINTING 3 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Download (52kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (41kB) |
||
|
Text
ABSTRAK ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text
BAB I ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (131kB) |
||
Text
BAB II ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (258kB) |
||
Text
BAB III ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (266kB) |
||
Text
BAB IV ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
BAB V ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (46kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA ANIFATUR RIZQIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (109kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Augmented Reality Book berbasis Assemblr Edu sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran untuk pembelajaran IPA materi Organ Tubuh pada peserta didik kelas V yang masih belum tersedia dikarenakan materi tersebut mengandung konsep yang abstrak dan membuat peserta didik kesulitan untuk memahami materi pembelajaran IPA. Media Augmented Reality Book dinilai melalui validasi oleh para ahli serta penilaian melalui angket respon guru dan siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V di SDN Curahgrinting 3 Probolinggo. Terdapat 4 siswa kelas V yang diuji dengan skala kecil dan 14 siswa kelas V SDN Curahgrinting 3 Probolinggo diuji dengan skala besar. Instrumen yang digunakan pada penelitian yakni angket validasi ahli materi IPA dan ahli media serta pretest dan posttest. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan memperoleh (1) Persentase nilai validasi ahli materi IPA sebesar 89% dengan revisi sesuai saran dan (2) Persentase nilai validasi ahli media sebesar 93% dengan revisi sesuai saran. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat validitas buku yang dikembangkan dinyatakan sangat valid. Hasil persentase nilai respon oleh guru sebesar 94% dan uji respons peserta didik diperoleh hasil yakni (1) Uji skala kecil sebesar 89% kriteria sangat baik, dan (2) Uji skala besar sebesar 93% kriteria sangat baik, dengan demikian Augmented Reality Book sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Dalam hasil pretest dan posstest menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality Book berbasis Assemblr Edu ini efektif, hal tersebut dibuktikan dengan seluruh siswa kelas V dapat dikatakan tuntas dengan presentase 100% setelah belajar dengan media Augmented Reality Book dan perolehan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality Book berbasis Assemblr Edu materi Organ Tubuh dinyatakan sangat layak digunakan pada proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Augmented Reality Book, Materi Organ Tubuh. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 03:32 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 03:32 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4864 |
Actions (login required)
View Item |