HIDAYATI, SITI NUR (2024) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS RENDAH SDN CURAHGRINTING 3 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI SITI NUR HIDAYATI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI SITI NUR HIDAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (43kB) |
||
|
Text
ABSTRAK SITI NUR HIDAYATI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
BAB I SITI NUR HIDAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (116kB) |
||
Text
BAB II SITI NUR HIDAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (126kB) |
||
Text
BAB III SITI NUR HIDAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (127kB) |
||
Text
BAB IV SITI NUR HIDAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
BAB V SITI NUR HIDAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (84kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA SITI NUR HIDAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (176kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan mengenai implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada kurikulum merdeka di kelas rendah SDN Curahgrinting 3 Probolinggo Fokus penelitian yang diajukan adalah pemahaman kepala sekolah, guru, dan siswa terkait implementasi gerakan literasi sekolah pada kurikulum merdeka dan strategi guru dalam menghadapi tantangan gerakan literasi sekolah di era kurikulum merdeka di SDN Curahgrinting 3 Probolinggo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang diteliti adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas I dan II, dan siswa-siswi kelas I dan II SDN Curahgrinting 3 Probolinggo. Objek penelitian ini adalah implementasi gerakan literasi sekolah untuk siswa kelas rendah pada kurikulum merdeka di SDN Curahgrinting 3 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Curahgrinting 3 Probolinggo terutama pada kelas I dan II masih tahapan penyelenggaraan dalam tahap pembiasaan dan tahap pengembangan. Strategi evaluasi yang dilakukan untuk mendukung gerakan literasi sekolah pada kurikulum merdeka adalah evaluasi formatif, dan komunikasi terbuka dengan siswa dan orang tua. Di SDN Curahgrinting 3 Probolinggo, pada tahap pembiasaan melakukan kegiatan 30 menit – 1 jam, menyediakan pojok baca, pemberian tambahan kelas. Pada tahap pengembangan melakukan kegiatan membaca bersama di kelas maupun di perpustakaan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Kemampuan Baca Tulis Siswa, , Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:53 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:53 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4877 |
Actions (login required)
View Item |