HANDAYANI, VIVIN (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GEMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V SDN PAJURANGAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI VIVIN HANDAYANI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI VIVIN HANDAYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (187kB) |
||
Text
BAB 1 VIVIN HANDAYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (857kB) |
||
Text
BAB 2 VIVIN HANDAYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (157kB) |
||
Text
BAB 3 VIVIN HANDAYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (364kB) |
||
Text
BAB 4 VIVIN HANDAYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (502kB) |
||
Text
BAB 5 VIVIN HANDAYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (202kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA VIVIN HANDAYANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (303kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (207kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di SDN Pajurangan, sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKTP yang telah diterapkan. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa penggunaan metode konvensional, dimana berfokus pada guru dengan metode ceramah dan tanya jawab mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilakanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali Almamater tercinta Universitas Panca pertemuan, dengan 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Pajurangan berjumlah 21 siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada prasiklus sebesar 38% dengan rata-rata kelas sebesar 67, pada siklus 1 mengalami peningkatan 24% menjadi 62% dengan rata-rata kelas sebesar 73 dan pada siklus II mengalami peningkatan 28% menjadi 90% dengan rata-rata kelas 80. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan tercapainya Kriteria Ketercapaian Tujuan pembelajaran (KKTP) dengan rata-rata mencapai 80% pada pembelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Mata Pelajaran PPKn |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:24 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:24 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4881 |
Actions (login required)
View Item |