PRIMANIA, HIKMAH RAHMADANIATI (2024) HUBUNGAN PROGRAM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (370kB) |
||
|
Text
ABSTRAK HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
BAB I HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (592kB) |
||
Text
BAB II HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
BAB III HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (666kB) |
||
Text
BAB IV HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (996kB) |
||
Text
BAB V HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (189kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA HIKMAH RAHMADANIATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (416kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (359kB) |
Abstract
Salah satu terciptanya terobosan baru untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dalam proses pelayanan merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi. Upaya terus dilakukan untuk meningkatkan tingkat optimalisasi, efektivitas, dan efisiensi guna mencipatakan inovasi terbaru dalam proses pelayanan. Dimana sebelum memasuki era globalisasi banyak kegiatan pelayanan yang dilakukan secara tatap muka sehingga kurang efektif dan efisien. Dalam hal ini pemerintah Kota Probolinggo beserta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu memperkenalkan terobosan baru dalam bidang perizinan usaha bagi masayarakat pelaku usaha baik menengah maupun kecil. Dengan Online Single Submission diharapkan dapat memudahkan dalam melakukan perizinan usaha tanpa antri dan tanpa membawa dokumen-dokumen berharga.Dengan melakukan reformasi pada sistem perizinan, pemerintah berupaya mendorong standarisasi untuk membuat birokrasi perizinan di tingkat pusat dan daerah menjadi lebih sederhana, lebih cepat, dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penerapan OSS dengan kepuasan masyarakat atas pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dalam mengembangkan layanan publik, khususnya dalam memberikan izin usaha kepada masyarakat dengan menggunakan platform berbasis elektronik. Metode yang digunakan dalam peneilitian ini adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan analisis korelasi. Dengan teknik pengumpulan data primer (angket/kuesioner, dokumentasi, wawancara) dan sekunder (buku, artikel ilmiah). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis secara statistk memiliki interprestasi menerima Ha dan menolak H0 bila nilai rxy > 0, artinya ada hubungan yang positif antara penerapan OSS dengan kepuasan masyarakat atas pelayanan DPMPTSP. Penelitian ini menunjukkan bahwa OSS efektif dalam meningkatkan kepuasan masyarakat atas pelayanan DPMPTSP. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan evaluasi dan pengembangan pelayanan publik yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Online Single Submission (OSS), Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat |
Subjects: | Fakultas Sosial dan Ilmu Politik |
Divisions: | Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:24 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:24 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4884 |
Actions (login required)
View Item |