PERAN GURU PPKn DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM SISWA KELAS VIII DI MTs WALISONGO 1 MARON

FAIZAH, SITTATIL (2024) PERAN GURU PPKn DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM SISWA KELAS VIII DI MTs WALISONGO 1 MARON. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI SITTATIL FAIZAH.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI SITTATIL FAIZAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SITTATIL FAIZAH.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 SITTATIL FAIZAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (184kB)
[img] Text
BAB 2 SITTATIL FAIZAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (153kB)
[img] Text
BAB 3 SITTATIL FAIZAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (102kB)
[img] Text
BAB 4 SITTATIL FAIZAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (521kB)
[img] Text
BAB 5 SITTATIL FAIZAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SITTATIL FAIZAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (127kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI SITTATIL FAIZAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (177kB)

Abstract

Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di MTs Walisongo 1 Maron memiliki peran penting dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswanya di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran hukum siswa kelas VIII di MTs Walisongo 1 Maron, peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusi dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa kelas VIII di MTs Walisongo 1 Maron. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian yang dipilih adalah MTs Walisongo 1 Maron. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan telah menjalankan perannya dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa kelas VIII dengan baik. Guru PPKn telah mengajarkan materi hukum, norma dan nilai yang berlaku di masyarakat kepada siswa, menegur terlebih dahulu baru disanksi agar siswa menyadari dan dapat mengetahui kesalahannya, selalu menampilkan teladan baik yang dapat ditiru oleh siswa kelas VIII misalnya bertutur kata yang sopan, berpakaian rapi dan sopan, disiplin waktu dan menghargai teman. Selain itu guru PPKn sering memberikan motivasi kepada siswa tentang keagamaan, gaya hidup, etika kesopanan, kesopanan dan pergaulan serta memuji siswa untuk mempertahankan dalam perilaku mematuhi tata tertib dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PPKn, Kesadaran Hukum.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Nov 2024 04:12
Last Modified: 08 Nov 2024 04:12
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item