FAIZAH, SITTATIL (2024) PERAN GURU PPKn DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM SISWA KELAS VIII DI MTs WALISONGO 1 MARON. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI SITTATIL FAIZAH.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI SITTATIL FAIZAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (37kB) |
||
|
Text
ABSTRAK SITTATIL FAIZAH.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 SITTATIL FAIZAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (184kB) |
||
Text
BAB 2 SITTATIL FAIZAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (153kB) |
||
Text
BAB 3 SITTATIL FAIZAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (102kB) |
||
Text
BAB 4 SITTATIL FAIZAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (521kB) |
||
Text
BAB 5 SITTATIL FAIZAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (42kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA SITTATIL FAIZAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (127kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI SITTATIL FAIZAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (177kB) |
Abstract
Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di MTs Walisongo 1 Maron memiliki peran penting dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswanya di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran hukum siswa kelas VIII di MTs Walisongo 1 Maron, peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusi dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa kelas VIII di MTs Walisongo 1 Maron. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian yang dipilih adalah MTs Walisongo 1 Maron. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan telah menjalankan perannya dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa kelas VIII dengan baik. Guru PPKn telah mengajarkan materi hukum, norma dan nilai yang berlaku di masyarakat kepada siswa, menegur terlebih dahulu baru disanksi agar siswa menyadari dan dapat mengetahui kesalahannya, selalu menampilkan teladan baik yang dapat ditiru oleh siswa kelas VIII misalnya bertutur kata yang sopan, berpakaian rapi dan sopan, disiplin waktu dan menghargai teman. Selain itu guru PPKn sering memberikan motivasi kepada siswa tentang keagamaan, gaya hidup, etika kesopanan, kesopanan dan pergaulan serta memuji siswa untuk mempertahankan dalam perilaku mematuhi tata tertib dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PPKn, Kesadaran Hukum. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:12 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:12 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4958 |
Actions (login required)
View Item |