STUDI EXPERIMENTAL EFEK TREATMENT KALOR ALKOHOL TERHADAP PERFORMA, EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR HONDA CBR 150R

ILHAM, LAILUL (2023) STUDI EXPERIMENTAL EFEK TREATMENT KALOR ALKOHOL TERHADAP PERFORMA, EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR HONDA CBR 150R. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
01.COVER SKRIPSI LAILUL ILHAM .pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
08.DAFTAR ISI LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
06.HALAMAN ABSTRAK LAILUL ILHAM .pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
10.BAB 1 LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (322kB)
[img] Text
11.BAB 2 LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (364kB)
[img] Text
12.BAB 3 LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (419kB)
[img] Text
13.BAB 4 LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img] Text
14.BAB 5 LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img] Text
15.BAB 6 LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (373kB)
[img] Text
16.DAFTAR PUSTAKA LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (294kB)
[img] Text
19.SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI LAILUL ILHAM .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (672kB)

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan produk di Indonesia, kebutuhan alat transportasi untuk mobilisasi masyarakat juga semakin meningkat. Untuk mengatasi menipisnya bahan bakar fosil serta meningkatnya kebutuhan bahan bakar minyak, dapat dilakukan mengkonversikan sampah platik menjadi BBM sebagai alternatif energi terbarukan ynag juga dapat mengurangi sampah platstik di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, yaitu suatu metode yang digunakan untuk efek tretmen alkohol pada perfoma mesin, emisi gas buang, dan konumsi bahan bakar. Hasil dari penelitian sampel bahan bakar terhadap pengujian daya performa diperoleh hasil tertinggi pada sampel bahan bakar pertalite + etanol gas + polypropyiline (PP) 15% dengan nilai 15,36 pada putaran 8.750 RPM dibandingkan dengan 4 sampel lainnya. pada pengujian torsi performa diperoleh hasil tertinggi pada sampel bahan bakar pertalite + etanol gas + polypropyiline (PP) 15% dengan nilai 10,29 NM pada putaran 7.500 RPM dibandingkan dengan 4 sampel lainnya.Untuk hasil pengujian emisi gas buang menunjukkan nilai tertinggi CO didapat nilai karbomonoksida tertinggi dihasilkan dari sample bahan bakar pertalite + etanol+ polypropyline (PP) 10% dengan RPM 1.000 yang memiliki nilai sebesar 1,84%, kemudian nilai karbomonoksida terendah yaitu 0,17% yang dihasilkan oleh bahan bakar pertalite + etanol pada kecepatan 7.000 RPM. Pada Pengujian bahan bakar terhadap emisi gas buang hidrokarbon (HC) didapat nilai hidrokarbon tertinggi dihasilkan dari sample bahan bakar pertalite + etanol dengan RPM 1.000 yang memiliki nilai sebesar 544 PPM, Pada Pengujian bahan bakar terhadap emisi gas buang hidrokarbon (HC) didapat nilai hidrokarbon tertinggi dihasilkan dari sample bahan bakar pertalite + etanol dengan RPM 1.000 yang memiliki nilai sebesar 544 PPM, Pada Pengujian bahan bakar terhadap emisi gas buang karbondioksida (CO2) didapat nilai karbondioksida tertinggi dihasilkan dari sample bahan bakar pertalite + etanol dengan RPM 7000 yang memiliki nilai sebesar 12,60%. tertinggi dihasilkan dari sample bahan bakar pertalite dengan RPM 1.000 yang memiliki nilai sebesar 13,53%, nilai konsumsi tertinggi pada bahan bakar pertalite dengan kecepatan 7.000 RPM denagn nilai 67 ml dan mengonsumsi bahan bakar sebanyak 33 ml

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Emisi Gas Buang, dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor
Subjects: Fakultas Teknik
Divisions: Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 18 Nov 2024 05:56
Last Modified: 19 Nov 2024 07:22
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4965

Actions (login required)

View Item View Item