PERANPENDIDIKANPERANGKATDESA DALAMPEMBANGUNANINFRASTRUKTUR (StudiKasusdiDesaPohsangitLorKec.WonomertoKab.Probolinggo)

ANGGRAINI, DEWI SINTA (2024) PERANPENDIDIKANPERANGKATDESA DALAMPEMBANGUNANINFRASTRUKTUR (StudiKasusdiDesaPohsangitLorKec.WonomertoKab.Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi DEWISINTAANGGRAINI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi DEWISINTAANGGRAINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
Halaman Abstrak DEWISINTAANGGRAINI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB I DEWISINTAANGGRAINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (80kB)
[img] Text
BAB II DEWISINTAANGGRAINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (391kB)
[img] Text
BAB III DEWISINTAANGGRAINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV DEWISINTAANGGRAINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (446kB)
[img] Text
BAB V DEWISINTAANGGRAINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (57kB)
[img] Text
Daftar Pustaka DEWISINTAANGGRAINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (102kB)
[img] Text
Surat Keterangan bebas plagiasi DEWISINTAANGGRAINI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (168kB)

Abstract

Melalui pendidikan, pemahaman teori dan keterampilan pengambilan keputusan dapat ditingkatkan,memungkinkanindividuuntukmengenalitanggung jawab mereka melalui bimbingan, berbagi pengalaman, dan pelatihan terkait pekerjaan dalam perencanaan pembangunan infrastruktur. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan aparatur desa, semakin baik kinerjanya, yang pada gilirannya memperbaiki bagaimana pembangunan direncanakan. Namun, di Desa Pohsangit Lor, Kecamatan Wonomerto, perangkat desa memiliki tingkat pendidikan yang bervariasi, mayoritas setingkat SMA dengan pendidikan tertinggi S-1, yang mempengaruhi optimalisasi kinerja pembangunaninfrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan dalam mempengaruhi perencanaan pembangunan infrastruktur di Desa Pohsangit Lor. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif eksplanasi, yang bertujuan menjelaskan hubungan antara pendidikan dan perencanaan pembangunan. Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan metode triangulasi sumber dan triangulasi peneliti. Sebanyak 3 peneliti dan 10 informan dari unsur desa dilibatkandalamsuatuFGDTerbatas. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan perangkat desa berperan penting dalam memastikan perencanaan yang terarahdansesuaianggarandesa.Meskipun ada tantangan dalam partisipasi pelatihan, peningkatan kapasitas melalui pendidikan berkelanjutan sangat diperlukan untuk keberhasilan pembangunan infrastrukturdesa.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran,Pendidikanperangkatdesa,Pembangunaninfrastruktur
Subjects: Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Divisions: Administrasi Publik
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 18 Dec 2024 09:28
Last Modified: 18 Dec 2024 09:28
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item View Item