WATI, RAHMA (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN ONLINE SICANTIK UNTUK PERIZINANAN DI DPMPTSP KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER RAHMA WATI .pdf Download (54kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI RAHMA WATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (66kB) |
||
|
Text
RINGKASAN RAHMA WATI .pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB I RAHMA WATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (256kB) |
||
Text
BAB II RAHMA WATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (254kB) |
||
Text
BAB III RAHMA WATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (98kB) |
||
Text
BAB IV RAHMA WATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (699kB) |
||
Text
BAB V RAHMA WATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (42kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA RAHMA WATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (157kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI RAHMA WATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (2MB) |
Abstract
Sebelum pelayanan publik dilakukan secara online atau melaui elektronik. Pelayanan dilakukan secara manual, namu setelah perkembangan ilmu teknologi yang semakin pesat. Maka pemerintah memanfaatnya perkembangan teknologi untuk mempermudah dan mempercepat proses layanan kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan perizinan yang lebih akuntabel dan transparan, pemerintah Indonesia meminta provinsi dan kota di negara ini untuk menggunakan teknologi elektronik dalam pengolahan perizinan. Di Kota Probolinggo, lembaga pelayanan perizinan khususnya DPMPTSP memegang peranan penting dalam menjamin kualitas pelayanan perizinan melalui SICANTIK. Komitmen ini memungkinkan adanya kepastian hukum dalam pemberian pelayanan perizinan sehingga memudahkan pemohon dalam memperoleh izin. Dengan memanfaatkan SICANTIK, proses perizinan yang tadinya lamban kini bisa lebih fleksibel dan berpusat pada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana impelementasi program layanan online SICANTIK di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Probolinggo dan juga faktor pendukung dan faktor penghambat impelemtasi program layanan online tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data menurut Sidiq, Choiri yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengacu pada teori Cherles O. Jones yang terdiri dari tiga indikaor yaitu pengorganisasian atau organisasi, inerpretasi, dan penerapan atau aplikasi berpengaruh terhadap implementasi program layanan online SICANTIK. Penerapan program layanan online SICANTIK di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pIntu (DPMPTSP) Kota Probolinggu sudah berjalan dengan baik. Terdapat beberapa kendala dalam proses layanan tersebut yakni apabila aplikasi tersebut dalam masa perbaikan atau pemeliharaan aplikasi dan juga kadangkala terjadi mati lampu di dinas tersebut.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Program, layanan online, SICANTIK, DPMPTSP |
Subjects: | Fakultas Sosial dan Ilmu Politik |
Divisions: | Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 08:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 08:29 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4995 |
Actions (login required)
View Item |