ROHIM, ABDUR (2019) METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TERKAIT MATA PELAJARAN PPKn DEMI MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs MANBAUL HIKAM DESA TEGAL MOJO KECAMATAN TEGAL SIWALAN KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. halaman judul ABDUR ROHIM.pdf Download (135kB) | Preview |
|
Text
13. daftar isi ABDUR ROHIM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (89kB) |
||
|
Text
8. abstrak ABDUR ROHIM.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
15. BAB I ABDUR ROHIM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (101kB) |
||
Text
16. BAB II ABDUR ROHIM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (167kB) |
||
Text
17. BAB III ABDUR ROHIM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (113kB) |
||
Text
18. BAB IV ABDUR ROHIM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (196kB) |
||
Text
19. BAB V ABDUR ROHIM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (91kB) |
||
Text
20. daftar pustaka ABDUR ROHIM.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (160kB) |
Abstract
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan terbengkalai. Dengan sarana pendidikan yang baik diharapkan dapat terbentuk pula sumberdaya manusia yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangka untuk analisis data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok terkait mata pelajaran PPKn demi meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII di MTs Manbaul Hikam Desa Tegal Mojo Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo sudah cukup baik dan berjalan dengan lancar. Bertolak dari konteks yang terjadi dalam penelitian ini terfokus fokus pada tiga permasalahan : (1) Bagaimana metode pembelajaran diskusi kelompok terkait mata pelajaran PPKn demi meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII di MTs Manbaul Hikam Desa Tegal Mojo Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo (2) Bagaimana kendala dalam metode pembelajaran diskusi kelompok terkait mata pelajaran PPKn demi meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII di MTs Manbaul Hikam Desa Tegal Mojo Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo (3) Bagaimana solusi dalam metode pembelajaran diskusi kelompok terkait mata pelajaran PPKn demi meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII di MTs Manbaul Hikam Desa Tegal Mojo Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk menganalisa data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok terkait mata pelajaran PPKn demi meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII di MTs Manbaul Hikam Desa Tegal Mojo Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo adalah melalui : (a) Proses belajar mengajar telah sangat baik dan kondusif (b) guru memberikan suatu motivasi serta tujuan sebelum melakukan KBM (c) untuk meningkatkan pembelajar dikelas, guru membuat stategi pembelajaran dikelas agar lebih menarik. Kendala dalam metode pembelajaran diskusi kelompok terkait mata pelajaran PPKn demi meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII di MTs Manbaul Hikam Desa Tegal Mojo Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo adalah (a) kurangnya antusias siswa dalam memperhatikan pemaparan materi yang disampaikan oleh guru (b) guru kurang memahami setiap karaker dari setiap siswanya (c) siswa kurang berpartisipasi dalam metode tersebut. Upaya yang dilakukan dalam metode pembelajaran diskusi kelompok terkait mata pelajaran PPKn demi meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII di MTs Manbaul Hikam Desa Tegal Mojo Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo adalah setiap guru harus memperhatiakan dan menjalin hubungan yang baik serta tau akan karakter setian siswa. Berdasarkan hasil temuan diatas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok terkait mata pelajaran PPKn demi meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII di MTs Manbaul Hikam Desa Tegal Mojo Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo adalah dalam suatu proses pembelajaran dikelas guru harus mampu berkonstribusi dengan baik dan membuat pembelajaran berjalan kondusif serta mengarahkan siswa dapat lebih berani dan menyatu dalam suatu kelompok maupun organisasi apapun utamanya melalui metode pembelajaran diskusi kelompok dalam mata pelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi Kelompok, Mata Pembelajaran PPKn, dan Kualitas belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 09:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 09:35 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5040 |
Actions (login required)
View Item |