HUMAIDAH, NURUL LAILA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PKn (STUDI KASUS KELAS X MA INTISYARUL ULUM KOTA PROBOLINGGO) TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. Cover Skripsi NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
8. Daftar Isi NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (82kB) |
||
|
Text
9. Abstrak NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
10. Bab I NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (291kB) |
||
Text
11. Bab II NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (196kB) |
||
Text
12. Bab III NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (294kB) |
||
Text
13. Bab IV NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (728kB) |
||
Text
14. Bab V NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (161kB) |
||
Text
15. Daftar Pustaka NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (93kB) |
||
Text
3. Pernyataan Keaslian NURUL LAILA HUMAIDAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (123kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas pendidikan yang masih menggunakan pembelajaran konvensional yang hanya berpusat pada guru. Hal ini diakibatkan oleh rendahnya mutu pembelajaran sehingga fokus penelitian yang diambil adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran numbered head together pada mata pelajaran PKn (studi pada kelas X MA Intisyarul Ulum Kota Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018 ? 2) Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran numbered head togetherpada mata pelajaran PKn (studi pada kelas X MA Intisyarul Ulum Kota Probolinggo) tahun pelajaran 2017/2018 dan 3) Upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi hambatanhambatan yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran numbered head together pada mata pelajaran PKn (studi pada kelas X MA Intisyarul Ulum Kota Probolinggo) tahun pelajaran 2017/2018 ? Penelitian ini dilakukan di MA Intisyarul Ulum Kota Probolinggo, Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan Guru dan Kepala Sekolah. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif dan analisis hasil yang dipakai adalah menggunakan kualitatif dengan analisis data non statistik, dalam bentuk paparan komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada penerapan model pembelajaran numbered head togetherguru sudah menerapkan model pembelajaran dengan langkah sebagai berikut: persiapan, pembentukan kelompok, pemberian tugas, diskusi atau berpikir bersama, pemberian jawaban dan kesimpulan. Dari penelitian diatas dapat disimpulkan pada kegiatan penerapan model pembelajaran numbered head together siswa sudah menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah seperti berdiskusi bersama, saling membantu dalam mengejakan tugas, saling menghargai pendapat satu sama lain dan siswa sangat interaktif dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, numbered head together |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:26 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:26 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5062 |
Actions (login required)
View Item |