MUSDALIFAH, DUWI (2017) MENINGKATKAN PEMAHAMAN GAYA BELAJAR ANAK MELALUI MEDIA 3 DIMENSI PELAJARAN MATEMATIKA SATUAN PANJANG STUDI KELAS III SDN I TEMPURAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER 1 DUWI MUSDALIFAH.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi DUWI MUSDALIFAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (86kB) |
||
|
Text
abstrak DUWI MUSDALIFAH.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
BAB I DUWI MUSDALIFAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (114kB) |
||
Text
BAB II DUWI MUSDALIFAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (142kB) |
||
Text
BAB III DUWI MUSDALIFAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (196kB) |
||
Text
BAB IV DUWI MUSDALIFAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (993kB) |
||
Text
BAB V DUWI MUSDALIFAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (78kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA DUWI MUSDALIFAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
Abstract
Kesuksesan siswa dalam belajar, sedikit banyak dipengaruhi oleh ketepatan mengenali tipe gaya belajar anak. Karena logikanya, kalau siswa belajar sesuai dengan gaya belajarnya maka materi yang diberikan akan mudah diterima sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Dalam media 3 dimensi ini, gaya belajar anak visual, auditori, dan kinestetik akan terlibat langsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN I Tempuran pada pelajaran Matematika dengan menerapkan media 3 dimensi untuk meningkatkan pemahaman gaya belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN I Tempuran yang berjumlah 22 siswa dan objeknya adalah hasil belajar Matematika pada materi satuan panjang. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar Matematika ranah kognitif dan observasi untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor serta mengamati keterlaksanaan penggunaan media 3 dimensi oleh guru, wawancara untuk memperoleh data pendukung mengenai penggunaan media 3 dimensi dan catatan lapangan untuk mengetahui jalannya proses pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika baik ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif peningkatan hasil belajar Matematika siswa dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai siswa pada setiap siklus. Pada pratindakan rata-rata hasil belajar siswa 45,5% dan pada siklus I meningkat menjadi 68,1% di siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 90,9% dan sudah memenuhi KKM. Penggunaan media 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III terhadap gaya belajar anak pada materi satuan panjang. Hal ini dapat dilihat melalui hasil belajar rata-rata Matematika kelas III mengalami peningkatan dari kategori kurang sekali pada pratindakan meningkat menjadi kategori baik pada siklus I. pada pratindakan meningkat menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Oleh karena itu Setelah dilakukan upaya perbaikan, pada siklus II kriteria keberhasilan sudah tercapai sehingga siklus dihentikan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya belajar anak, media 3 dimensi, pelajaran matematika |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 06:01 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 06:01 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5064 |
Actions (login required)
View Item |