BAHRI, SAIFUL (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN RANUGEDANG III TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover SAIFUL BAHRI .pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text
14. Daftar Isi SAIFUL BAHRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (15kB) |
||
|
Text
16 abstrak SAIFUL BAHRI .pdf Download (61kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 SAIFUL BAHRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (93kB) |
||
Text
BAB 2 SAIFUL BAHRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (202kB) |
||
|
Text
BAB 3 SAIFUL BAHRI .pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
BAB 4 SAIFUL BAHRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (493kB) |
||
Text
BAB 5 SAIFUL BAHRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (9kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka SAIFUL BAHRI .pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi aspek memperhatikan penjelasan guru, bertanya, menjawab pertanyaan, mengerjakan LKS, dan merangkum materi diperoleh rata-rata 63,54% yang berarti tidak aktif. Dari 24 siswa, 13 siswa tuntas belajar dan 11 siswa tidak tuntas dengan ketuntasan klasikan 54,16%. Dengan demikian keberhasilan penerapan model bembelajaran kooperative tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Ranugedang III masih kurang oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran kooperative tipe jigsaw dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ranugedang III dengan tipe jigsaw. Untuk mencapai maksud tersebut, maka peneliti ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek peneliti ini adalah siswa kelas IV SDN Ranugedang III. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa secara individu pada siklus 1 (63,53%) menjadi (79,17%) pada siklus II, sedangkan pada aktivitas kelompok asal terjadi peningkaran pada siklus I (51%) menjadi (91,66%) pada silkus II, dan pada aktivitas kelompok ahli juga terjadi peningkatan pada siklus I (57,81%) menjadi (89%) pada siklus II. Kelima aspek yaitu Memperhatikan penjelasan guru, Bertanya, Menjawab pertanyaan, Mengerjakan LKS, dan Merangkum materi sudah mengalami peningkatan sehingga secara keseluruhan dapat dikatan terjadi peningkatan pada siswa kelas IV SDN Ranugedang III. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa pembelajaran kooperative tipe jigsaw dapat miningkatkan hasil belajar siswa kela IV SDN Ranugedang III pada mata pelajaran matematika dengan materi bangun ruang. Sebagai tindak lanjud dari peneliti disarankan: (1) guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperative tipe jigsaw sebagai model alternatif pembelajaran. (2) guru seharusnya memotivasi siswa untuk meningkankan belajarnya. (3) perlu pengolahan kelas yang lebih baik sehingga kegiatan belajar berjalan dengan lancar. (4) bagi peneliti selanjudnya dapat melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperative tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi yang lain
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:18 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5068 |
Actions (login required)
View Item |