APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DAN VOICE RECOGNITION BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH DASAR

MAULIDIA, NIKMATUL (2024) APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DAN VOICE RECOGNITION BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NIKMATUL MAULIDIA.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN DAFTAR ISI NIKMATUL MAULIDIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN ABSTRAK NIKMATUL MAULIDIA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 NIKMATUL MAULIDIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (80kB)
[img] Text
BAB 2 NIKMATUL MAULIDIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (277kB)
[img] Text
BAB 3 NIKMATUL MAULIDIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (631kB)
[img] Text
BAB 4 NIKMATUL MAULIDIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5 NIKMATUL MAULIDIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NIKMATUL MAULIDIA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (96kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (511kB)

Abstract

Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi internasional yang penting, namun pembelajarannya sering kali sulit bagi siswa Indonesia karena perbedaan tipologi bahasa dan media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Android menggunakan teknologi Augmented reality (AR) dan voice recognition untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam melafalkan dan menulis kata dalam Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah marker based tracking dengan menggunakan buku paket kelas V Sekolah Dasar sebagai penanda untuk memastikan materi sesuai dengan kurikulum. Aplikasi ini menghadirkan objek 3D dan fitur Voice Recognition untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. Metode perancangan aplikasi menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk memodelkan sistem secara detail. Pengujian User Acceptance Testing (UAT) menunjukkan hasil yang sangat positif dengan tingkat kepuasan mencapai 98%. Berdasarkan skor tersebut dapat disimpulkan bahwa responden menyatkan sangat setuju dengan penggunaan aplikasi ini.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, AR, Pembelajaran Bahasa Inggris, Voice recognition, Unity 3D
Subjects: Fakultas Teknik
Divisions: Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Feb 2025 09:21
Last Modified: 08 Feb 2025 09:21
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5126

Actions (login required)

View Item View Item