Pemberdayaan UMKM Desa Pajurangan Melalui Penerapan Digital Marketing Dan Branding

JUNAIDI, JUN and Lukman Hakim, Lukman and Mutinda Teguh Widayanto, Teguh and Husni Mubarok, Husni and Wawan Susilo, Wawan and Hapsawati, Hapsawati and Tatik Inayati, Tatik (2023) Pemberdayaan UMKM Desa Pajurangan Melalui Penerapan Digital Marketing Dan Branding. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4 (3). pp. 2822-2828. ISSN 2745-4053

[img]
Preview
Text
Turnitin_Pemberdayaan UMKM Desa Pajurangan Melalui Penerapan Digital Marketing Dan Branding Pemberdayaan UMKM Desa Pajurangan.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/ar...

Abstract

UMKM merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Pajurangan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap pendapatan daerah. Pemerintah desa menjadi sangat terbantu dengan adanya UMKM karena dapat membantu program pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. Ada tiga jenis UMKM yang cukup berpotensi di Desa Pajurangan, yaitu usaha pembuatan roti, rengginang dan terasi. Namun kurangnya akses pemasaran produk dan minimnya pengetahuan SDM membuat usaha tersebut kurang berkembang. Sehingga dosen Universitas Panca Marga dan mahasiswa KKN Universitas Panca Marga berinisiatif melakukan kegiatan sosialisasi dan pendampingan tentang digital marketing dan branding guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya kedua hal tersebut bagi peningkatan UMKM. Dimulai dari pengenalan digital marketing dan branding, diskusi kelompok, pendampingan pembuatan merk atau identitas pada produk, serta pembuatan akun media sosial untuk memasarkan produk secara digital agar dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak sebagai dampak meningkatnya permintaan konsumen dari platform digital marketing. Secara umum luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah label merk yang dapat memberikan identitas pada produk UMKM agar mudah dikenal masyarakat dan akun media sosial yang dapat menjadi platform digital bagi pengusaha untuk memasarkan produknya sehingga dapat menjangkau pasar global.

Item Type: Article
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Manajemen
Depositing User: Junaidi
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:21
Last Modified: 20 Feb 2025 06:21
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item