Khotimah, Khusnul (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligences (Studi pada Siswa Kelas V SDI Fatahillah). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SKRIPSI Khusnul Khotimah.pdf Download (77kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI Khusnul Khotimah.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (11kB) |
|
|
Text
12. ABSTRAK Khusnul Khotimah.pdf Download (12kB) | Preview |
|
![]() |
Text
13. BAB I-Khusnul Khotimah.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (304kB) |
|
![]() |
Text
14. BAB II-Khusnul Khotimah.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (374kB) |
|
![]() |
Text
15. BAB III-Khusnul Khotimah.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (477kB) |
|
![]() |
Text
16. BAB IV-Khusnul Khotimah.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (634kB) |
|
![]() |
Text
17. BAB V-Khusnul Khotimah.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
|
![]() |
Text
18. DAFTAR PUSTAKA-Khusnul Khotimah-164420009.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (199kB) |
|
![]() |
Text
3. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN Khusnul Khotimah.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (33kB) |
Abstract
Masing-masing manusia memiliki karakter kecerdasan pada bidang tertentu. Dalam menghadapi perkembangan zaman dan menuju pada era baru. Peserta didik diharapkan dapat memiliki kemampuan berpikir sesuai dengan karakter kecerdasan yang dimilikinya, sesuai dengan kemampuan bidang berpikirnya, dan kompetensi yang memadai. Idealnya dasar gagasan diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan kompetensi yang diperlukan saat ini. Dalam pencapaian tersebut peserta didik memerlukan tata cara pembelajaran yang lebih baik, model, strategi dan tingkat pemahaman peserta didik pada pembelajaran yang dilakukan, pemodelan dan pengorganisasian yang tepat untuk peserta didik. (Rulyansah, dkk 2018) Keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik juga memerlukan kecerdasan yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, terutama pada pembelajaran matematika sering kali tidak disukai siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran perlu dilakukan agar dapat menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, menarik dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau yang sering disebut Research and Development (R&D). Model pengembangan pada penelitian ini diadaptasi dari ADDIE yang berbasis pada Multiple Intelligences dan Kompetensi 4K Anies Baswedan. Berdasarkan hasil penilaian validasi dari ahli desain pembelajaran menunjukkan rata-rata 4,8 dengan presentase 96%. Ahli materi dan LKS menunjukkan rata-rata 5 dengan presentase 100%. Hasil ahli perangkat pembelajaran matematika kelas V yang didapat menunjukkan nilai rata-rata 4,7 dengan persentase 95%. Respon siswa terhadap learning media matematika berbasis kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligence yang dikembangkan menunjukkan hasil persentase rata-rata diatas 85% yang berarti sebagian besar siswa memberikan respon positif atau sangat kuat. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligence sangat praktis, efektif dan menarik dalam proses belajar dikelas dengan persentase 98%.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran Matematika, Kompetensi 4K Anies Baswedan, Multiple Intelligence |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 02:05 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 02:05 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |