PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (PADA SISWA KELAS V DI SDN BULANG 1 KABUPATEN PROBOLINGGO)

TUNNAFSIYAH, IZZAH (2018) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (PADA SISWA KELAS V DI SDN BULANG 1 KABUPATEN PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
Halaman Daftar Isi IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
Halaman Abstrak IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
BAB I IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (169kB)
[img] Text
BAB II IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (287kB)
[img] Text
BAB III IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (487kB)
[img] Text
BAB V IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA IZZAH TUNNAFSIYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Bulang 1 kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 17 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 8 siswa dan siswi perempuan berjumlah 9 siswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Data yang diperoleh pada penelitian yaitu hasil belajar kognitif, afektif, dan prikomotor siswa setelah diterapkan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. meningkat yaitu dapat dilihat dari hasil bahwa hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe two stay two stray pada siklus I dan siklus II dapat meningkatkan ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Pada nilai kognitif siswa yang mencapai KKM 65 terdapat 9 siswa (53%) mengalami peningkatan pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM terdapat 14 siswa (82%) dan pada siklus ke 2. Hasil belajar ranah afektif, terdapat 1 siswa (6%) mendapat skor sangat baik, 12 siswa (70%) mendapat skor baik, 3 siswa (18%) mendapat skor cukup baik dan 1 siswa (6%) mendapat skor kurang baik pada siklus 1, dapat terlihat pada capaian persentase yang meningkat pada siklus 2 menjadi 2 siswa (12%) mendapat skor sangat baik, 12 siswa (70%) mendapat skor baik, 2 siswa (12%) mendapat skor cukup baik dan 1 siswa (6%). Dari siklus 1 ke siklus ke 2 juga mengalami peningkatan yaitu seluruh siswa mendapat skor afektif dengan kriteria sangat baik dan kriteria baik. Sedangkan pada psikomotor, terdapat terdapat 11 siswa (65%) mendapat skor sangat baik, 6 siswa (35%) mendapat skor baik, tidak ada siswa yang mendapat skor cukup baik dan skor kurang baik pada siklus 1. Peningkatan hasil belajra psikomotor meningkat dapat terlihat pada capaian persentase yang meningkat pada siklus 2 menjadi 12 siswa (70%) mendapat skor sangat baik, 5 siswa (30%) mendapat skor baik, tidak ada siswa yang mendapat skor cukup baik dan skor kurang baik . Dari siklus 1 ke siklus ke 2 juga mengalami peningkatan yaitu seluruh siswa mendapat skor psikomotors dengan kriteria sangat baik dan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bulang 1 kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS. Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:06
Last Modified: 28 Apr 2025 04:06
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item