ZANNI, LIRRA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PUZZLE CERDAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (MATERI KERJASAMA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1.cover skripsi LIRRA ZANNI .pdf Download (42kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. daftar isi LIRRA ZANNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (81kB) |
|
|
Text
12. abstrak LIRRA ZANNI .pdf Download (10kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 1 LIRRA ZANNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (423kB) |
|
![]() |
Text
BAB 2 LIRRA ZANNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (713kB) |
|
![]() |
Text
BAB 3 LIRRA ZANNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (735kB) |
|
![]() |
Text
BAB 4 LIRRA ZANNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB 5 LIRRA ZANNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (151kB) |
|
![]() |
Text
Daftar pustaka LIRRA ZANNI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (83kB) |
Abstract
Semangat belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 2 Pendil dalam pokok bahasan kerjasama rendah karena siswa bosan dengan cara guru menyampaikan materi pembelajaran yang cenderung monoton dengan metode ceramah saja tanpa adanya media pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti melakukan pengembangan Media Pembelajaran Komik Puzzle Cerdas yang disesuaikan dengan karakter siswa dan memperhatikan keseimbangan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran Komik Puzzle Cerdas yang valid, praktis, menarik, efektif, serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III. Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, upaya yang dapat dilakukan, yaitu: (1) melakukan pengembangan media pembelajaran berupa komik puzzle cerdas yang disesuaikan dengan muatan materi, karakteristik, latar belakang, dan potensi siswa. (2) Melakukan pembelajaran melalui model cooperative learning yang dapat meningkatkan tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor serta menumbuhkan jiwa sosial dan membangun kerjasama yang baik antar team. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti disebut dengan penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). dengan menggunakan model procedural. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, dan lembar validasi ahli media, materi, dan pembelajaran serta respon siswa. Hasil validasi isi/materi mencapai 95% dengan rata-rata 4,75 yang berarti dari segi materi yang terdapat pada media dikatakan layak untuk digunakan. Dan hasil validasi ahli media mencapai 91% dengan rata-rata 4,54, berarti media tersebut valid dan layak untuk digunakan. Media komik puzzle cerdas terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Komik Puzzle Cerdas, Motivasi, Hasil Belajar. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 May 2025 02:32 |
Last Modified: | 05 May 2025 09:05 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |