HERMAWATI, PRADEVI SUKMA (2018) PENERAPAN METODE MIND MAPPING MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA (KELAS IV SDN MANGUNHARJO II KOTA PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Download (28kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Halaman Daftar Isi PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (193kB) |
|
|
Text
Halaman Abstrak PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Download (32kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (85kB) |
|
![]() |
Text
BAB II PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (325kB) |
|
![]() |
Text
BAB III PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (115kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (843kB) |
|
![]() |
Text
BAB V PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (102kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA PRADEVI SUKMA HERMAWATI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (74kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mangunharjo II Kota Probolinggo yang terdiri dari 24 siswa dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 8 dan siswi perempuan berjumlah 16. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar IPS menggunakan metode mind mapping dengan media audiovisual. Data yang diperoleh pada penelitian yaitu hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan metode mind mapping media audiovisual meningkat yaitu dapat dilihat dari hasil pratindakan siswa yaitu terdapat 24 siswa (100%) yang mendapat nilai belum tuntas dan 0 siswa (07%) mendapat nilai tuntas. Pada siklus 1 mengalami sedikit peningkatan yaitu terdapat 10 siswa (41,6%) mendapat nilai belum tuntas dan 14 siswa (58,3%) mendapat nilai tuntas. Pada siklus ke 2 juga mengalami peningkatan hasil belajar yaitu terdapat 0 siswa (0%) yang mendapat nilai belum tuntas dan 24 siswa (100%) mendapat nilai tuntas dengan hasil akhir keseluruhan siswa mendapatkan nilai tuntas. Hasil belajar pada ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada pratindakan terdapat 0 siswa (0%) mendapat skor sangat baik, 21 siswa (87,5%) mendapat skor baik dan 3 siswa (12,5%) mendapat skor cukup baik. Pada siklus 1 hasil belajar afektif siswa meningkat yaitu 14 siswa (58,3%) mendapat skor sangat baik, 10 siswa (41,6%) mendapat skor baik dan 0 siswa (0%) mendapat skor cukup baik. Pada siklus kedua juga terjadi peningkatan hasil belajar afektif siswa yaitu seluruh siswa mendapat skor sangat baik dengan rentang skor 7-9. Hasil belajar ranah psikomotor juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode mind mapping media audiovisual yaitu dengan hasil belajar yang diperoleh pada saat pratindakan yaitu 6 siswa (25%) mendapat skor sangat baik, 14 siswa (58,3%) mendapat skor baik dan 4 siswa (16,6%) mendapat skor cukup baik. Pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu terdapat 13 siswa (54,1%) mendapat skor sangat baik , 11 siswa (45,8%) mendapat skor baik dan 0 siswa (0%) mendapat skor cukup baik. Pada siklus 2 juga mengalami peningkatan hasil belajar yaitu seluruh siswa yang terdiri dari 24 siswa (100%) mendapat skor sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Mind Mapping Media Audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Mangunharjo II Kota Probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Audiovisual, Kualitas, Pembelajaran, IPS |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 May 2025 06:03 |
Last Modified: | 06 May 2025 06:03 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |