DARMAYU, TITIN (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMANSARI IV KECAMATAN DRINGU KAB.PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SIKRIPSI TITIN DARMAYU.pdf Download (28kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5-DAFTAR ISI TITIN DARMAYU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (14kB) |
|
|
Text
ABSTRAK TITIN DARMAYU.pdf Download (252kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I sikripsi TITIN DARMAYU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (394kB) |
|
![]() |
Text
BAB II sikripsi TITIN DARMAYU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (280kB) |
|
![]() |
Text
BAB III sikripsi TITIN DARMAYU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (185kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV sikripsi TITIN DARMAYU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (416kB) |
|
![]() |
Text
BAB V sikripsi TITIN DARMAYU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (151kB) |
|
![]() |
Text
Daftar pustaka TITIN DARMAYU.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (148kB) |
Abstract
Data di SD Negeri Tamansari IV menunjukkan adanya sikap siswa yang kurang baik dan minat belajar yang kurang, disebabkan karena pada orang tua tidak menghiraukan pendidikan anak, orang tua yang hanya berprinsip menitipkan anak kesekolah selebihnya tidak mau tau dan dirumah dibiarkan begitu saja tidak ditanya hasil belajar disekolah atau mengulang kembali pelajaran yang dipelajari di sekolah. Oleh sebab itu siswa banyak yang kurang giat dalam mengikuti mata pelajaran. Dan tidak menghiraukan ceramah guru. Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada beberapa tujuan: (1) Meningkatkan aktifitas belajar pada materi menghitung perkalian pada siswa kelas III SDN Tamansari IV Kecamatan Dringu, (2) Meningkatkan hasil belajar pada materi menghitung perkalian pada siswa III SDN Tamansari IV Kecamatan Dringu, (3) Meningkatkan kemampuan menghitung perkalian pada siswa kelas III SD Negeri Tamansari IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tamansari IV yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara tidak terstruktur, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Pada akhirnya jumlah siswa 19 anak, peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 69,47 (52,56%), dan peningkatan siklus II sebesar 21,7% dengan nilai 74,26 (78,76%). Oleh karena itu penelitian siswa ini mendapat ≥75%. Dengan demikian hasil analisa tersebut dapat disimpulkan dengan Peningkatan Pemahaman Menghitung Perkalian Dengan Menggunakan Metode Jarimatika pada siswa kelas III SD Negeri Tamansari IV Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2017/2018 sudah dikatan berhasil meskipun tidak 100% dikarenakan faktor anak yang memang kelainan dalam belajar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Minat Belajar, Hasil Belajar siswa, Jarimatika |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:58 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:58 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |