PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IIIA SD INTEGRAL HIDAYATULLAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

CAHYANINGSIH, YUNI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IIIA SD INTEGRAL HIDAYATULLAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. COVER YUNI CAHYANINGSIH .pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
2.DAFTAR ISI New YUNI CAHYANINGSIH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK New YUNI CAHYANINGSIH .pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 YUNI CAHYANINGSIH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (71kB)
[img] Text
BAB 2 YUNI CAHYANINGSIH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (125kB)
[img] Text
BAB 3 YUNI CAHYANINGSIH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (114kB)
[img] Text
BAB 4 YUNI CAHYANINGSIH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (972kB)
[img] Text
BAB 5 YUNI CAHYANINGSIH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YUNI CAHYANINGSIH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (23kB)

Abstract

Data di SD Integral Hidayatullah menunjukkan adanya sikap siswa yang kurang baik dan minat belajar yang kurang, cenderung ramai dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran, bahkan ada beberapa siswa yang menangis saat proses pembelajaran berlangsung hanya karena masalah kecil dengan teman sejawatnya. Selain itu, pada saat pemberian tugas menulis karangan sederhana, siswa cenderung tidak tenang dalam mengerjakan dan malah bergurau dengan temannya. Sementara itu, dari hasil wawancara dengan beberapa siswa kelas IIIA menunjukkan bahwa masih banyak dari mereka yang beranggapan bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia itu membosankan dan tidak menarik. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping berbantuan gambar seri dalam upaya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IIIA SD Integral Hidayatullah, 2) bagaimana peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping berbantuan gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IIIA SD Integral Hidayatullah. Dalam hal ini, yang dilakukan peneliti adalah mengumpulkan data yang ada kaitannya dengan Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IIIA SD Integral Hidayatullah. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif dimana peneliti menggunakan pengumpulan data observasi, dokumenter dan wawancara yang kaitan dengan hasil belajar siswa-siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1, hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa dari 24 siswa terdapat 13 siswa (54%) memperoleh nilai belum tuntas, 14 siswa (58%) memperoleh nilai tuntas. Hasil belajar siswa pada ranah afektif menunjukkan dari 24 siswa terdapat 14 siswa (58,4%) sudah mendapat skor sangat baik, 8 siswa (33,3%) lainnya mendapat skor baik, dan 2 siswa (8,3%) mendapat skor cukup baik, dengan jumlah skor tertinggi 9 dan jumlah skor terendah 4 dengan jumlah rata-rata 6,6. Sedangkan hasil belajar psikomotor menunjukkan bahwa dari 24 siswa terdapat 14 siswa (58%) sudah mendapat skor sangat baik, 9 siswa (38%) lainnya mendapat skor baik, dan 1 siswa (4%) mendapat skor cukup baik, dengan jumlah skor tertinggi 9 dan jumlah skor terendah 3 dengan jumlah rata-rata 6,6. Dan pada akhir siklus 2, hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa dari 24 siswa terdapat 19 siswa (79%) memperoleh nilai di atas KKM, dan xix 5 siswa (58%) lainnya memperoleh nilai di bawah KKM. Nilai rata-rata kelas juga meningkat menjadi 79. Hasil belajar siswa pada ranah afektif menunjukkan dari 24 siswa terdapat 18 siswa (75%) sudah mendapat skor sangat baik dan 6 siswa (25%) lainnya mendapat skor baik, dengan jumlah skor tertinggi 9 dan jumlah skor terendah 6 dengan jumlah rata-rata 7,25. Sedangkan hasil belajar psikomotor menunjukkan bahwa dari 24 siswa siswa terdapat 18 siswa (75%) sudah mendapat skor sangat baik dan 6 siswa (25%) lainnya mendapat skor baik, dengan jumlah skor tertinggi 9 dan jumlah skor terendah 6 dengan jumlah rata-rata 7,25.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Gambar Seri, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 17 May 2025 02:21
Last Modified: 17 May 2025 02:21
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item