ASTUTIK, IKA APRI (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN KOMIK PADA MATA PELAJARAN PKN PENTINGNYA KEUTUHAN NKRI KELAS V SDI NURUL HIDAYAH PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover Skripsi IKA APRI ASTUTIK.pdf Download (52kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Daftar Isi IKA APRI ASTUTIK.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (151kB) |
|
|
Text
Abstrak IKA APRI ASTUTIK.pdf Download (146kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I IKA APRI ASTUTIK.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (298kB) |
|
![]() |
Text
BAB II IKA APRI ASTUTIK.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (512kB) |
|
![]() |
Text
BAB III IKA APRI ASTUTIK.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (599kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV IKA APRI ASTUTIK.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (827kB) |
|
|
Text
BAB V IKA APRI ASTUTIK.pdf Download (175kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Daftar Pustaka IKA APRI ASTUTIK.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (89kB) |
Abstract
Pembelajaran PKn khususnya materi menjaga keutuhan NKRI yang selama ini berlangsung, hanya menggunakan metode ceramah dimana guru cenderung lebih aktif sedangkan siswa berperan pasif dalam pembelajaran dan guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku paket dari pemerintah yang mana isi dari buku-buku yang ada tersebut kebanyakan kurang menarik dan menimbulkan kebosanan siswa. Hal ini memepengaruhi ketertarikan siswa dalam belajar materi tersebut sehingga berdampak negatif pada hasil belajar siswa. salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu mengembangkan bahan ajar disesuaikan dengan karakteristik siswa. Bahan ajar modul merupakan salah satu jenis bahan ajar. Bahan ajar modul memiliki keunggulan diantaranya siswa dapat mencapai dan menyelesaikan materi belajarnya dengan belajar secara individual dan mengontrol kemampuan dengan intensitas belajarnya. Pembelajaran bermakna dapat dilakukan menyajikan komik sebagai pelengkap materi dalam modul. Komik dapat memberikan kesan untuk menarik minat belajar siswa. Dengan pertimbangan tersebut, dikembangkan Bahan Ajar Modul Berbantuan Komik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat bahan ajar berupa modul berbantuan komik yang mempunyai tingkat kevalidan dan keterbacaan yang baik untuk mata pelajaran PKn siswa kelas V SDI Nurul Hidayah Probolinggo. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif disertai Peta Konsep ini menggunakan Model Pengembangan Modifikasi Borg & Gall. Metode penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif statistik. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan lembar test. Teknik analisis data menggunakan kevalidan, kemenarikan, dan keterbacaan. Dari hasil penelitian diperoleh validasi tahap I terdiri atas validasi ahli materi dan validasi ahli bahan ajar. Hasil validasi ahli materi mencapai 70,45% dan hasil validasi ahli bahan ajar mencapai100%. Validasi lapangan dilakukan kepada guru dan siswa. Hasil angket keterbacaan mencapai persentase 81,25%. Hasil angket kemenarikan siswa mencapai persentase 95,5%. Hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan 17 siswa (85%) telah tuntas belajar dan 3 siswa (15%) tidak tuntas belajar. Oleh karena itu bahan ajar modul berbantuan komik telah valid, terbaca, menarik, dan efektif digunakan dalam pembelajaran PKn kelas V SDI Nurul Hidayah Probolinggo materi menjaga keutuhan NKRI.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Modul, Komik, Keutuhan NKRI |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 17 May 2025 03:36 |
Last Modified: | 17 May 2025 03:36 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |