UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENYESUAIAN DIRI PADA HEWAN MELALUI MEDIA GAMBAR KELAS V SDI RAUDLATUL ISTIQOMAH SUKO MARON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SUNDARI, KIKI (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENYESUAIAN DIRI PADA HEWAN MELALUI MEDIA GAMBAR KELAS V SDI RAUDLATUL ISTIQOMAH SUKO MARON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1.cover new KIKI SUNDARI .pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI KIKI SUNDARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak KIKI SUNDARI .pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text
BAB I KIKI SUNDARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (235kB)
[img] Text
BAB II KIKI SUNDARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (192kB)
[img] Text
BAB III KIKI SUNDARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV KIKI SUNDARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (446kB)
[img] Text
BAB V KIKI SUNDARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (195kB)
[img] Text
BAB VI KIKI SUNDARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA KIKI SUNDARI .pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SDI Raudlatul Istiqomah kelas 5 Suko Maron Probolinggo pada pembelajaran IPA khususnya materi penyesuaian diri pada hewan mengalami penurunan hasil belajar Siswa karena kurangnya pemahaman Siswa serta pembelajaran yang monoton. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap penurunan hasil belajar Siswa di SDI Raudlatul Istiqomah kelas 5 Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Bertolak dari konteks yang terjadi maka peneliti di dalam penelitiannya difokuskan dua permasalahan: (1) Bagaimanakah keterlaksanaan pembelajaran melalui media gambar pada materi penyesuaian diri pada hewan dapat meningkatkan hasil belajar Siswa kelas 5 SDI Raudlatul Istiqomah Suko Maron Probolinggo, (2) Apakah dengan penerapan media gambar pada materi penyesuaian diri pada hewan dapat meningkatkan hasil belajar Siswa kelas 5 SDI Raudlatul Istiqomah Suko Maron Probolinggo. Sesuai dengan rumusan masalah yang dikemukakan di dalam penelitiannya yaitu bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran melalui media gambar pada materi penyesuaian diri pada hewan dapat meningkatkan hasil belajar Siswa kelas 5 SDI Raudlatul Istiqomah Suko Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/ 2018 dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Siswa melalui media gambar pada materi penyesuaian diri pada hewan kelas 5 SDI Raudlatul Istiqomah Suko Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Peneliti menggunakan subyek kelas 5 yang berjumlah 15 Siswa di SDI Raudlatul Istiqomah Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo pada materi penyesuaian diri pada hewan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif pada penelitian ini. Kegiatan yang dilakukan pada kegiatan siklus 1 dan siklus 2 dengan menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi, tes, wawancara dan catatan di lapangan. Prosedur penelitian yang digunakan peneliti yaitu diantaranya perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pembelajaran IPA kelas 5 khususnya pada materi penyesuaian diri pada hewan dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu mengalami peningkatan hasil belajar pada kegiatan siklus 1 yaitu mencapai ketuntasan 60% dengan rata- rata 75 dan pada kegiatan siklus 2 yaitu mencapai ketuntasan 100% dengan rata- rata 83.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Hasil Belajar, Media Gambar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 20 May 2025 05:32
Last Modified: 20 May 2025 05:32
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item View Item