NURHASANAH, CINDRI (2017) PERAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SDN ANDUNGSARI 1 KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER CINDRI NURHASANAH .pdf Download (135kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI CINDRI NURHASANAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (91kB) |
|
|
Text
ABSTRAK CINDRI NURHASANAH .pdf Download (87kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I CINDRI NURHASANAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (150kB) |
|
![]() |
Text
BAB II CINDRI NURHASANAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (205kB) |
|
![]() |
Text
BAB III CINDRI NURHASANAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (167kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV CINDRI NURHASANAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (375kB) |
|
![]() |
Text
BAB V CINDRI NURHASANAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA CINDRI NURHASANAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (161kB) |
Abstract
Data siswa kelas 1 di SDN Andungsari 1 Kecamatan Tiris Kabupaten probolinggo menunjukkan bahwa masih banyak siswa rendah dalam belajar, karena sedikit sekali orang tua yang memotivasi siswa bahkan orang tua cenderung tidak memfasilitasi kelengkapan belajar siswa. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap motivasi orang tua pada siswa kelas 1 di SDN Andungsari 1 Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan (1) Bagaimana peran orang tua dalam memberikan motivasi belajar terhadap anak, (2) Bagaimana peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 1 di SDN Andungsari 1 Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan peran motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan pengumpulan data angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan SPSS 20. Dan hasil penelitian motivasi orang tua yang sangat setuju untuk memotivasi siswa dalam belajar sebesar (85%), sedangkan orang tua yang kurang setuju untuk mendukung siswa belajar antara lain kurangnya perhatian orang tua terhadap siswa dan ekonomi lemah. Hasil belajar siswa dengan kriteria sangat tinggi 4 siswa (20%), siswa dengan kriteria tinggi 7 siswa (35%), dan siswa yang kriteria sedang 8 siswa (40%), sedangkan dengan kriteria kurang 1 siswa (5%). Demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya motivasi orang tua sangat berperan penting terhadap hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas 1 SDN Andungsari 1 Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Peneliti sarankan kepada lembaga terkait supaya selalu memberikan penyuluhan rutin kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Orang Tua, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 May 2025 09:19 |
Last Modified: | 21 May 2025 09:19 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |