PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN TAMANSARI I KECAMATAN DRINGU KABUPATEN PROBOLNNGGO

FITRIANINGSIH, (2017) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN TAMANSARI I KECAMATAN DRINGU KABUPATEN PROBOLNNGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. Halaman sampul, FITRIANINGSIH.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
9. DAFTAR ISI FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK FITRIANINGSIH.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
11. BAB I FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (151kB)
[img] Text
12. BAB II FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (163kB)
[img] Text
13. BAB III FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (133kB)
[img] Text
14. BAB IV FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (251kB)
[img] Text
15. BAB V FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (85kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA BARU FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (143kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, bahwa guru kelas IV di SDN Tamansari I sudah menerapkan Kurikulum 2013. Atas saran Kepala Sekolah peneliti melakukan observasi di kelas IV. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan tematik terpadu sudah dilaksanakan. Hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa siswa kelas IV dapat mengikuti pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang diterapkan guru. Kelima keterampilan ilmiah dapat dipraktekkan oleh siswa meskipun belum efektif dan terkendala oleh waktu yang singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong siswa dalam menggunakan 5 keterampilan pendekatan saintifik yang terdiri dari keterampilan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan agar tujuan pendidikan di Kurikulum 2013 dapat tercapai. Peneliti menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan melalui pendekatan saintifik. Untuk mencapai maksud tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tamansari I Dringu Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara , dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I 64,45 meningkat menjadi 78,6 pada siklus II. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I 36% menjadi 78% pada siklus II. Secara keseluruhan dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan nilai pada siswa kelas IV SDN Tamansari I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat mendorong 5 keterampilan pada pendekatan saintifik yang menjadikan nilai akhir siswa kelas IV SDN Tamansari I meningkat

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Pendekatan Saintifik
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2025 01:33
Last Modified: 23 May 2025 01:33
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item