FITRIANINGSIH, (2017) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN TAMANSARI I KECAMATAN DRINGU KABUPATEN PROBOLNNGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. Halaman sampul, FITRIANINGSIH.pdf Download (144kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9. DAFTAR ISI FITRIANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (128kB) |
|
|
Text
7. ABSTRAK FITRIANINGSIH.pdf Download (84kB) | Preview |
|
![]() |
Text
11. BAB I FITRIANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (151kB) |
|
![]() |
Text
12. BAB II FITRIANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (163kB) |
|
![]() |
Text
13. BAB III FITRIANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (133kB) |
|
![]() |
Text
14. BAB IV FITRIANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (251kB) |
|
![]() |
Text
15. BAB V FITRIANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (85kB) |
|
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA BARU FITRIANINGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (143kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, bahwa guru kelas IV di SDN Tamansari I sudah menerapkan Kurikulum 2013. Atas saran Kepala Sekolah peneliti melakukan observasi di kelas IV. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan tematik terpadu sudah dilaksanakan. Hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa siswa kelas IV dapat mengikuti pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang diterapkan guru. Kelima keterampilan ilmiah dapat dipraktekkan oleh siswa meskipun belum efektif dan terkendala oleh waktu yang singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong siswa dalam menggunakan 5 keterampilan pendekatan saintifik yang terdiri dari keterampilan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan agar tujuan pendidikan di Kurikulum 2013 dapat tercapai. Peneliti menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan melalui pendekatan saintifik. Untuk mencapai maksud tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tamansari I Dringu Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara , dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I 64,45 meningkat menjadi 78,6 pada siklus II. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I 36% menjadi 78% pada siklus II. Secara keseluruhan dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan nilai pada siswa kelas IV SDN Tamansari I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat mendorong 5 keterampilan pada pendekatan saintifik yang menjadikan nilai akhir siswa kelas IV SDN Tamansari I meningkat
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL), Pendekatan Saintifik |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:33 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:33 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |