LIANA, (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD RAUDLATUL JANNAH KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SKRIPSI LIANA .pdf Download (350kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9. DAFTAR ISI LIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (94kB) |
|
|
Text
7. ABSTRAK LIANA .pdf Download (87kB) | Preview |
|
![]() |
Text
14. BAB I LIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (164kB) |
|
![]() |
Text
15. BAB II LIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (325kB) |
|
![]() |
Text
16. BAB III LIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (409kB) |
|
![]() |
Text
17. BAB IV LIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (367kB) |
|
![]() |
Text
18. BAB V LIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (89kB) |
|
![]() |
Text
19. DAFTAR PUSTAKA LIANA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (164kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Raudlatul Jannah pada pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopskin dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Raudlatul Jannah yang berjumlah 13 siswa dan objeknya adalah aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar IPA pada materi Tumbuhan Hijau. Metode pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru dan siswa untuk minat belajar siswa, tes untuk mengukur hasil belajar IPA, serta mengamati keterlaksanaan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning oleh guru, wawancara untuk memperoleh data pendukung mengenai penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan catatan lapangan untuk mengetahui jalannya proses pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan data persentase terpusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan baik. Peningkatan hasil belajar IPA siswa dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai siswa pada setiap siklus. Pada pratindakan nilai rata-rata siklus I pertemuan pertama dan kedua 49, siklus II pertemuan pertama 52 dan pertemuan kedua 68. Sedangkan, hasil belajar setelah tindakan nilai rata-rata siklus I pertemuan pertama 57 dan kedua 65. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata meningkat menjadi 74 dan pertemuan kedua 77 yang mencapai indikator keberhasilan belajar siswa, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan minat belajar IPA (Studi Pada Siswa Kelas V SD Raudlatul Jannah Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2017/2018).
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:29 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:29 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |